No image available for this title

Text

EFEKTIVITAS PERPUSTAKAAN STAI TASIKMALAYA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ANGKATAN TAHUN 2006/2007)



ABSTRAK

AI NONOK SARIPAH (06.01.004) : Efektivitas Perpustakaan STAI Tasikmalaya Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan Tahun 2006/2007

Perpustakaan STAI sekarang ini masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para mahasiswa, hal ini menjadikan perpustakaan seolah-olah dilupakan. Padahal kalau dilihat perpustakaan merupakan penggerak kurikulum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perpustakaan STAI pengaruhnya terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam angkatan tahun 2006/2007.
Penelitian ini bertolak dari adanya rasa keingintahuan penulis tentang efektivitas perpustakaan STAI, karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa IPTEK pada zaman sekarang ini sudah semakin maju. Salah satu diantaranya ialah internet. Hal ini menjadikan semua orang termasuk mahasiswa untuk mencari informasi ataupun bahan rujukan (sumber) melalui media tersebut, sehingga lambat laun perpustakaan yang tadinya dijadikan sumber menjadi dilupakan.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif, yakni metode yang berusaha memaparkan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Tasikmalaya angkatan tahun 2006/2007, yakni berjumlah 120 mahasiswa. Sedangkan sampel yang diambilnya ialah 25 % dari seluruh mahasiswa yakni 30 mahasiswa. Alat pengumpul data yang diambil ialah melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa rata-rata nilai jawaban responden atas 15 item pertanyaan yang memuat empat indikator yaitu fasilitas perpustakaan, koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan dan kunjungan ke perpustakaan diperoleh rata-rata sebesar 2, 30. Nilai tersebut tergolong rendah, karena berada diantara interval 1, 76 sampai dengan 2, 50. Artinya efektivitas perpustakaan STAI tergolong kurang.
Sedangkan rata-rata dari prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama islam angkatan tahun 2006/2007 ialah sebesar 3, 31. Nilai ini tergolong cukup tinggi.
Adapun besarnya pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y ialah sebesar 6 %. Hal ini tergolong sangat rendah atau bisa dikatakan tidak baik. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa antara efektivitas perpustakaan (variabel X) dengan prestasi belajar mahasiswa (variabel Y) terdapat pengaruh, walaupun pengaruh tersebut tidak begitu besar yakni hanya 6 % saja. Sehingga hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima, yakni semakin sering seorang mahasiswa memanfaatkan perpustakaan, semakin tinggi prestasi yang dicapainya. Akan tetapi, semakin jarang seorang mahasiswa memanfaatkan perpustakaan, semakin rendah prestasi yang dicapainya.
Sebagai harapan yang penulis sarankan ialah supaya semua pihak, baik pihak lembaga, para dosen dan juga mahasiswa untuk bisa lebih mengoptimalkan perpustakaan dengan sebaik-baiknya. Manfaatkanlah fasilitas kampus dengan semaksimal mungkin termasuk dalam hal ini ialah pemanfaatan perpustakaan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya