No image available for this title

Text

AKTIVITAS SISWA PADA PELAKSANAAN KEGIATAN OUTING HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian Terhadap Siswa Kelas VI MI Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis)



ABSTRAKSI

N. Kamilah : “Aktivitas Siswa pada Pelaksanaan Kegiatan Outing Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. (Penelitian Terhadap Siswa Kelas VI MIS Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis).

Proses belajar mengajar dan hasilnya banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Aktivitas adalah salah satu faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan belajar. Oleh Karena itu aktivitas bersifat psikologis, maka ia tidak akan timbul dengan begitu saja tanpa dipengaruhi oleh faktor psikologis lainnnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang hubungan antara aktivitas siswa terhadap pelaksanaan kegiatan Outing dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini bertolak dari pemikiran, bahwa aktivitas sebagai salah satu faktor penting dalam belajar tidak akan timbul tanpa dipengaruhi faktor psikologis lainnya. faktor psikologi itu salah satunya sikap dalam arti bagaimana mereka mensikapi sesuatu yang bermakna bagi dirinya. Karena itu dengan batasan di atas penelitian ini berangkat dari hipotesis “Semakin positif aktivitas siswa terhadap pelaksanaan kegiatan Outing, maka semakin tinggi prestasi mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam”.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, penulis melakukan studi kepustakaan sebagai ladasan teoritik, dan untuk penggalian data empiriknya, diupayakan dengan observasi, wawancara dan penyebaran angket kepada 30 orang siswa kelas VI MIS Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis sebagai responden. Analisis datanya menggunakan analisis logika, untuk data kualitatif dan analisis statistik untuk data kuantitatif.
Dari hasil penganalisisan data dengan menggunakan analisis diatas menghasilkan angka koefisien korelasi sebesar 0,49 (tingkat korelasi cukup tinggi). Uji signifikan yang dilakukan mengisyaratkan adanya hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa terhadap pelaksanaan kegiatan Outing dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini ditunjukan dengan angka hasil uji t hitung = 6,04 sedangkan t tabel = 1,24. Dengan demikian hipotesis penulis ajukan yaitu adanya hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa terhadap pelaksanaan kegiatan Outing dalam prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat diterima


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya