No image available for this title

Text

APLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) DALAM PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH SISWA (Penelitian di Kelas VI MI Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis)



ABSTRAK


Lilis Nurholis: Aplikasi Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Dalam Pelajaran Aqidah Akhlak Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa di Kelas VI MI Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis.
Strategi Pembelajaran Peningkaatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat mengoptimalkan hasil kegiatan belajar mengajar, karena dengan strategi ini menekankan pada kemampuan berpikir siswa. Strategi pembelajaran SPPKB sebagai model pelajaran tidak disajikan begitu saja kepada siswa dengan menggunakan metode konvensional (ceramah). Akan tetapi, siswa dapat dibimbing untuk menemukan sendiri konsep yang harus dikuasai melalui proses dialogis yang terus menerus dengan memanfaatkan pengalaman siswa. Meskipun tujuan SPPKB sama dengan strategi pelajaran sendiri melalui proses mengidentifikasikan masalah, merumuskan masalah mengumpulkan data, menafsirkan data sampai menyimpulkan hasil. Sikap ilmiah ini merupakan prioritas utama dan pertama dalam bidang pendidikan.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) aplikasi SPPKB dalam Aqidah Akhlak di Kelas VI MI Padamulya Cihaurbeuti Ciamis; (2) kemampuan berpikir ilmiah siswa kelas VI MI Padamulya Cihaurbeuti ; (3) hubungan antara aplikasi strategi SPPKB dalam pelajaran Aqidah Akhlak terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa Kelas VI MI Padamulya Cihaurbeuti Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sedangkan dalam proses pengumpulan datanya digunakan teknik angket dan studi dokumentasi selanjutnya data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package For Social Science).
Berdasarkan hasil pengumpulan dan pengolahan data disimpulkan: (1) Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VI MI Padamulya Cihaurbeuti Ciamis termasuk kategori baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan rata-rata skor yang diperoleh dari hasil pengisian jawaban angket variable X sebesar 36,7959; (2) Kemampuan berpikir ilmiah siswa Kelas VI MI Padamulya Cihaurbeuti Ciamis termasuk kategori sedang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan rata-rata skor yang diperoleh dari hasil pengisian jawaban angket variabel Y sebesar 35,0816; (3) Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment (rxy) diketahui bahwa koefisien korelasi (fxy) sebesar 0,871. Nilai tersebut memiliki makna pengaruh dalam pelajaran Aqidah Akhlak terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa di kelas VI MI Padamulya Cihaurbeuti Ciamis adalah sangat tinggi, sedangkan kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 51 % dan sisanya sebesar 40% dipengaruhi oleh faktor lain.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya