No image available for this title

Text

APRESIASI KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Penelitian di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya )



ABSTRAKS

HINDA HINDAYANTI, Apresiasi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Hubungannya dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama islam (penelitian di MA Muhammadiyah Kota Tasikmalaya)
Penelitian ini bertolak dari latar belakang, Krisis yang kita alami dalam dunia pendidikan yang mempengaruhi kinerja guru ini disebabkan miskinnya apresiasi oleh kalangan yang memainkan peran dalam sistem pendidikan di Indonesia. Menyangkut peran pemerintah, sepatutnya diakui banyak yang telah terabaikan oleh pemerintah.
Adapun tujuan penelitian ini adalah adakah pengaruh apresiasi kepala madrasah terhadap kinerja guru hubungannya dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama islam.
Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa terdapat pengaruh antara apresiasi kepala madrasah terhadap prestasi belajar siswa. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis bahwa semakin tinggi apresiasi kepala madrasah terhadap kinerja guru semakin tinggi prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama islam.
Untuk membuktikan hipotesis tersebut diadakan penelitian dengan metode deskriftif sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan cara penyebaran angket, wawancara dan observasi, alat analisis yang digunakannya adalah pendekatan statistic korelasioner, penyebaran angket ditujukan kepada 40 orang responden.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh apresiasi kepala madrasah terhadap kinerja guru hubungannya dengan prestasi belajar siswa yang signifikan. Hal ini yang terbukti dari analisis korelasi 0,71, dengan kualifikasi sempurna, karena berada pada interval 0,61-0,80 begitu juga hasil analisis signifikasi menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel 6,25 > 0,830. sementara itu kadar pengaruh X terhadap variable Y sebesar 30%. Hal ini menunjukkan bahwa 30% prestasi belajar dipengaruhi oleh apresiasi kepala madrasah terhadap kinerja guru.
Dengan kata lain 70% lagi faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama islam di MA Muhammadiyah Kota Tasikmalaya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya