No image available for this title

Text

EFEKTIFITAS STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Penelitian di SD Negeri III Gobras Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya)



ABSTRAK

EKA NURLAELA, Efektifitas Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( Penelitian Di SD Negeri III Gobras Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya)
Proses pembelajaran akan berjalan secara optimal, apabila seorang guru dalam menyampaikan materinya memakai strategis yang baik dan efektif, sehingga tujuan/ hasil dari pembelajaran tersebut dapat tercapai dengan baik pula. Salah satu strategis yang dianggap baik untuk mengaktifkan dan mengefektifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R. Strategi PQ4R merupakan salah satu bagian dari pembelajaran aktif (active learning) yaitu segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan siswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran itu sendiri baik dalam bentuk interaksi antar siswa maupun siswa dengan guru dalam proses pembelajaran tersebut.
Penelitian ini mempunyai tujuan pokok yaitu untuk mengetahui sejauhmana pengaruh efektifitas strategi belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri III Gobras Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya.
Yang menjadi dasar pemikiran pada penelitian ini adalah : bahwa untuk menciptakan proses kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif serta efektif siswa dalam belajar, maka harus ditunjang dengan strategis pembelajaran yang baik pula. Salah satunya adalah dengan pembelajaran PQ4R. Strategi PQ4R yang digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca, dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca buku. Pada dasarnya strategi PQ4R adalah merupakan singkatan dari Preview, (membaca selintas), Question, (membuat pertanyaan), Read, (membaca), Reflect, (memahami informasi), Recite, (mengingat kembali), Review, (meninjau ulang).
Hipotesis yang diajukan oleh penulis pada penelitian ini adalah : „ terdapat pengaruh yang signifikan dari efektifitas strategi belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri III Gobras Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik, dimana data diperoleh dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Setelah data terkumpul, kemudian diklasifikasikan menurut jenisnya , untuk selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment, yakni :
N ∑ XY – ( ∑ X) ( ∑ Y )
rxy =
N ∑ X² - ( ∑ X )² N ∑ Y² - ( ∑Y )²

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Efektifitas Strategi Belajar PQ4R (Priview, Question, read, Reflect, Recite, Review) (variabel X) berkategori cukup, dengan diperolehnya nilai rata-rata angket sebesar 74, pengaruhnya terhadap Motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (variabel Y) berkategori cukup dengan diperolehnya nilai rata-rata angket sebesar 73. Terdapat pengaruh positif dari kedua variabel tersebut dengan diperolehnya nilai koefisienkorelasi sebesar 0,46 (berkategori cukup). Sumbangan pengaruhnya sebesar 21,16 % (berkategori cukup).


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya