No image available for this title

Text

“HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PESERTA DIDIK TENTANG SEJARAH KEHIDUPAN RASULULLAH SAW DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN MEREKA SEHARI-HARI”. (Studi Penelitian di MTs Al-Jamiyatul Washliyah, Sindangpalay)



ABSTRAK

YENI SUMARTIANAH :
NIM : 06.01.099 HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PESERTA DIDIK TENTANG SEJARAH KEHIDUPAN RASULULLAH SAW DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN MEREKA SEHARI-HARI.
(Studi Kasus di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah)

Sejarah kehidupan manusia yang mulia termasuk didalamnya sejarah kehidupan Rasulullah SAW bagi umat Islam yang senantiasa mengikuti dan taat kepadanya akan menjadi bagian dan pelajaran, petunjuk dan rahmat, karena dengan sejarah tersebut gambaran nyata atas realitas ajaran Islam yang termaktub dalam kitabullah dan sunnaturrasul.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan peserta didik tentang sejarah kehidupan Rasulullah SAW dengan perilaku keberagamaan mereka sehari-hari, yang penelitian tersebut dilakukan di Madrasah Al-Jam’iyatul Washliyah Indihiang, Kota Tasikmalaya.
Berangkat dari suatu pemikiran bahwa perilaku keberagamaan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yang salah satunya adalah karena pemahaman terhadap kehidupan Rasulullah SAW sebagai Uswatun Hasanah bagi seluruh umat manusia, yang menghubungkan secara erat antara manusia dengan Rabnya, Pencipta alam semesta maupun manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungannya. Hal ini disebabkan makhluk insani terdiri atas ruh dan jasad, antara realita sosial insani dengan tujuan-tujuan dan norma-norma Illahi yang ideal. Supaya manusia bisa hidup bahagia dan selamat dunia dan akhirat ada dalam ridhonya.
Karena itulah manusia harus melakukan amal ibadah sesuai dengan kehendak Allah dan tuntunan Rasulullah SAW, dengan mempelajari sebaik-baiknya. Atas pemikiran tersebut penulis mengajukan hipotesis bahwa: “Apabila seseorang memahami sejarah kehidupan Rasulullah SAW dengan baik, maka akan baik pula perilaku keberagamaan mereka sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif, karena penulis selaku peneliti melakukan penelitian dengan terjun langsung ke lokasi penelitian untuk mengamati permasalahan atau phenomena yang sedang terjadi.
Adapun langkah-langkah penelitian yang dilakukan meliputi observasi, wawancara, penyebaran angket, kepada responden, studi dokumentasi, dan menganalisis data kuantitatif yang di peroleh dari lapanngan dengan menggunakan perhitungan statistic.
Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah menunjukan adanya hubungan antara pemahaman peserta didik tentang kehidupan Rasulullah SAW dengan perilaku keberagamaan mereka sehari-hari dengan koefisien korelasi sebesar 0,65 pada skala 0,61 – 0,80 yang termasuk korelasi tinggi. Hubungan tersebut mencapai tarap 25% sedangkan tarap 75% menunjukkan faktor lain yang memberi hubungan terhadap perilaku keberagamaan mereka.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya