No image available for this title

Text

IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM”



ABSTRAK

RIFNI NURHANIFAH. 060104100. IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI SISWA PADA NATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SD PUI Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya).

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bukan hanya sebatas sebagai penyampaian pengetahuan tentang agama atau al-Qur’an dan Hadits, seperti halnya dalam metode pembelajarannya pun bukan hanya ditekankan pada metode hapalan. Untuk itu perlu adanya usaha guru dalam pemilihan model pembelajaran yang tepat untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa optimal. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan menekankan keaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga terjadi interaksi multi arah adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learnung (CTL) Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learnung (CTL) pada Mata Pelajaran PAI?, bagaimana Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran PAI?, dan apakah terdapat pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD PUI Kota Tasikmalaya?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learnung (CTL) pada Mata Pelajaran PAI, untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran PAI, dan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD PUI Kota Tasikmalaya.
Metode penelitian adalah metode deskriptif. Populasi adalah seluruh siswa kelas V SD PUI Kota Tasikmalaya yang berjumlah 24 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah KelasV yang berjumlah 24 orang siswa. Instrumen serta teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penyebaran kuesioner, observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi data nilai siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji korelasi, uji determinasi, serta uji t untuk menguji hipotesis penelitian.
Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh rata-rata respon siswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) tergolong sangat baik dengan rata-rata 4,34. Adapun hasil belajar siswa kelas V SD PUI Kota Tasikmalaya nilai rata-rata 6,3 dengan kriteria kurang. Hasil uji korelasi menghasilkan nilai r=0,81 yang berarti penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mempunyai pengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD PUI Kota Tasikmalaya. Besarnya pengaruh penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah 66,25%, sedangkan sisanya 33,75% dipengaruhi faktor lain. Dari uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 6,57 dan ttabel pada n=24 (dk=22) dengan taraf nyata ( =0,05 % adalah 1,717. Dengan demikian, thitung > ttabel yaitu 6,57 > 1,717; artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas V SD PUI Cicurug Kota Tasikmalaya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya