No image available for this title

Text

:”IMPLIKASI PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PARTISIPASI SISWA DALAM PENATAAN LINGKUNGAN SEKOLAH”.



ABSTRAK


ADE INA DARYANINGSIH. 060104 080. 2010. IMPLIKASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PARTISIPASI SISWA DALAM PENATAAN LINGKUNGAN SEKOLAH (Penelitian terhadap siswa kelas XI SMAN 1 Cikatomas) Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Konsentrasi PGMI. Sekolah Tinggi Agama Islam Tasikmalaya.
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bukan hanya sebatas sebagai penyampaian pengetahuan tentang agama atau al-Qur’an dan Hadits saja akan tetapi Agama Islam Menganjurkan manusia untuk menjaga alam. Untuk itu perlu adanya usaha guru Khususnya guru PAI dalam meciptakan pembelajaran yang menyenangkan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa optimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam?, bagaimana Realitas partisipasi siswa dalam penataan lingkungan Sekolah?, dan apakah terdapat pengaruh antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Partisipasi siswa dalam penataan Lingkungan Sekolah?
Tujuan penelitian Untuk mengetahui pembelajaran PAI di SMAN Cikatomas, Untuk mengetahui relitas partisipasi siswa dalam penataan lingkungan sekolah di SMAN Cikatomas, Untuk mengetahui implikasi dari pembelajaran PAI terhadap partisipasi siswa dalam penataan lingkungan sekolah di SMAN Cikatomas.
Metode penelitian adalah metode deskriptif. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cikatomas Kab.Tasikmalaya yang berjumlah 298 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 % dari Kelas XI yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen serta teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penyebaran kuesioner, observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi data nilai siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji korelasi, serta uji t untuk menguji hipotesis penelitian.
Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh rata-rata respon siswa terhadap Implikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong dalam klasifikasi Penilaian Sangat Baik dengan rata – rata persentase 83,1 % hampir seluruhnya. Adapun hasil angket Partisipasi Siswa terhadap Penataan lingkungan Sekolah pada klasifikasi Penilaian Cukup dengan rata – rata persentase 47,7 % Setengahnya. Hasil uji korelasi menghasilkan nilai r = 0,61yang berarti Implikasi Pembelajaran PAI Terhadap Partisipasi Siswa Dalam Penataan Lingkungan Sekolah mempunyai pengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya. Dari uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 6,74 dan ttabel pada n =30 (dk=28) dengan taraf nyata ( α )=0,05 % adalah 1,701. Dengan demikian, thitung > ttabel yaitu 6,74 > 1,701; artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ terdapat pengaruh positif pada bahwa Implikasi Pembelajaran PAI Terhadap Partisipasi Siswa Dalam Penataan Lingkungan Sekolah”, siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya