No image available for this title

Text

“INTENSITAS SISWA DALAM MENGERJAKAN LEMBARAN KERJA SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEREKA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM” (Penelitian di SMK Yapsipa Padayungan Kota Tasikmalaya).



ABSTRAKSI

Saptoni Aprianto.. Intensitas Siswa Dalam Mengerjakan Lembaran Kerja Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Mereka Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul dari SMK YAPSIPA Padayungan dikarenakan adanya kesenjangan dengan upaya maksimal guru agama yang selalau memberikan tugas pengerjaan lembaran kerja pada siswa dalam proses belajar mengajar dikelas. Peranan seorang guru sangat penting, Guru perlu mengambil langkah yang sistematis data logis untuk mencapai hasil belajar siswa yang optimal salah satunya dengan memberikan lembaran kerja. Dalam proses pengerjaannya antara siswa tentu berbeda tergantung kepada Intensitas Siswa Sebelum Mengerjakan Lembaran Kerja Sekolah diberikan. Untuk itu penullis tertarik untuk meneliti sejauh mana Intensitas Siswa SMK Yapsipa Padayungan Tasikmalaya Dalam Mengerjakan Lembaran Kerja dan pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Mereka Dalam Mata Pelajaran PAI.
Untuk membatasi masalah-masalahnya, penulis merumuskan sebagai berikut: Bagaimana Realitas Intensitas Siswa Dalam Mengerjakan Lembaran Kerja Sekolah Mata Pelajaran PAI di SMK YAPSIPA Padayungan Kota Tasikmalaya, Bagaimana Realitas Prestasi Belajar Mereka Dalam Mata Pelajaran PAI di kelas XI SMK YAPSIPA Padayungan Kota Tasikmalaya, Bagaimana pengaruh antara Intensitas Siswa Dalam Mengerjakan Lembaran Kerja Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mereka Dalam Mata Pelajaran PAI di SMK YAPSIPA Padayungan Kota Tasikmalaya
Tujuan penelitian mengungkapkan tentang untuk mengetahui Intensitas Siswa Dalam Mengerjakan Lembaran Kerja Sekolah Mata Pelajaran PAI di SMK YAPSIPA Padayungan Kota Tasikmalaya, Untuk mengetahui Prestasi Belajar Mereka Dalam Mata Pelajaran PAI di kelas XI SMK YAPSIPA Padayungan Kota Tasikmalaya, Untuk mengetahui pengaruh Antara Intensitas Dalam Mengerjakan Lembaran Kerja Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mereka Dalam Mata Pelajaran PAI di SMK YAPSIPA Padayungan Kota Tasikmalaya
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan tujuan menggali, mengungkapkan serta menganalisis fenomena yang sedang terjadi. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalaui observasi, wawancara, angket, test, dan studi kepustakaan. Sample yang diambil yaitu sebanyak 60 responden dari 150 siswa SMK YAPSIPA Padayungan Tasikmalaya. Analisa data menggunakan pendekatan yaitu parsial dan korelasioner.
Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa rata-rata Intensitas Siswa Dalam Mengerjakan Lembaran Kerja Sekolah (Variable X), sebesar 3,72 dengan kualifikasi tinggi. Sedangkan Prestasi Belajar Mereka Dalam Mata Pelajaran PAI(Variable Y), 70,93 dengan kualifikasi tinggi. Korelasi dari kedua variable sebesar 0,30 angka tersebut berkualifikasi rendah.Sedangkan pengaruh Intensitas Siswa Dalam Mengerjakan Lembaran Kerja Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mereka Dalam Mata Pelajaran PAI hanya 5% artinya terdapat faktor lain (95%) yang mempengaruhi Prestasi Belajar seperti: metode, materi, bahan-bahan pelajaran, alat bantu/fasilitas, perhatian orang tua, sikap siswa, tauladan guru dan lain-lain.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya