No image available for this title

Text

Bagaimana Interaksi Guru dan Peserta didik dalam Pembelajaran Menurut Al-qur’an Surat Ibrahim ayat 4



ABSTRAK


Tita Mutiara Hikmah, “Interaksi Guru dan Peserta Didik dalam Pembelajaran 07.01.201 menurut Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 4”.

Pendidikan merupakan interaksi antara orang dewasa dengan orang yang belum dapat menunjang perkembangan manusia yang berorientasikan pada nilai-nilai dan pelestarian serta perkembangan kebudayaan yang berhubungan dengan usaha pengembangan kehidupan manusia. Dalam arti luas, pendidikan dapat diartikan segala usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak kearah kedewasaan. Dengan demikian tujuan pendidikan itu adalah kedewasaan. Istilah kedewasaan dalam konteks pendidikan mengandung konotasi nilai atau tujuan yang baik. Untuk pelaksanaan yang diarahkan pada tujuan tersebut menyiratkan adanya interaksi dan komunikasi yang terjadi antara guru dengan peserta didik. Interaksi pendidikan itu bersifat normatif karena tujuan pendidikan itu bersifat normatif, maka interaksi pendidikan berbeda dengan interaksi yang bukan pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi surat Ibrahim ayat 4 dan relevansinya dengan pendidikan Islam serta bentuk interaksi apa yang harus diterapkan guru terhadap peserta didik dalam pembelajaran sehingga terjadi interaksi yang edukatif.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan atau book research dan studi dokumentasi. Dokumentasi merupakan pengambilan data yang diperoleh melalui dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangualisasi yakni dengan memeriksa keabsahan pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an dengan memanfaatkan pemahaman dari kitab-kitab tafsir dengan berbagai macam corak pemikiran yang berkembang. Dengan demikian penelitian ini berbentuk studi literatur. Kitab-kitab Tafsir dan bahan bacaan lainnya yang dianggap berkaitan dengan masalah ini, sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka yang menjadi referensi sumber dalam rangka pemecahan masalah tersebut. Setelah data terkumpul, kemudian diproses dengan pemprosesan satuan (unityzing) dan kategorisasi serta penafsiran data untuk ditetapkan makna dari data yang diperoleh secara utuh melalui penafsiran para mufassir.
Dengan demikian penulis dapat memperoleh gambaran tentang interaksi guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Dimana kedua belah pihak saling berhubungan sehingga interaksi dalam pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Interaksi guru dan peserta didik dapat berlangsung secara lancar kalau guru dalam menyampaikan materi menggunakan bahasa yang sesuai dan sejalan dengan akal dan kondisi peserta didik, sehingga materi tersebut dapat dipahami dan dimengerti serta direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Interaksi tersebut berlangsung tanpa adanya otoriter guru terhadap peserta didik.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya