No image available for this title

Text

“Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Hubungannya dengan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Cimapag Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya”.



ABSTRAKSI


ABDUL RAHMAT (05.01.102) : Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Hubungannya dengan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Cimapag Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya


Kinerja guru SD Negeri Cimapag, Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya tergolong kurang memuaskan, terbukti masih adanya sebagian guru yang kurang memperlihatkan tanggung jawab kinerja dan prestasi kerja cenderung rendah. Diduga bahwa salah satu faktor penyebabnya kurang bagusnya keterampilan manajerial Kepala Sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas keterampilan manajerial Kepala Sekolah, realitas kinerja guru, dan realitas hubungan antara keterampilan manajerial Kepala Sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri Cimapag Kabupaten Tasikmalaya.
Metode penelitian yang penulis pergunakan adalah metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya diambil melalui observasi, wawancara, kuesioner, studi kepustakaan dan studi dokumentasi dimana teknik kuesioner merupakan teknik pokok pengumpulan data.
Hasil penghitungan statistik menunjukkan bahwa rata-rata nilai jawaban responden atas 10 item pertanyaan yang memuat lima indikator keterampilan manajerial Kepala Sekolah, yaitu Perencanaan, Pengarahan, Bekerja sama, Pengawasan dan Evaluasi diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,54. Nilai tersebut termasuk kategori sedang karena berada di antara interval 2,5 sampai dengan 3,5. Artinya keterampilan manajerial Kepala Sekolah termasuk kategori sedang/ cukup.
Sedangkan kinerja guru dengan menganalisis delapan indikator, yaitu : kesetiaan, prestassi kerja, tanggung jawab, ketaatan, kejujuran, kerjasama, prakarsa dan kepemimpinan yang baik diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,64. Nilai tersebut termasuk kategori sedang karena berada di antara interval 2,5 sampai dengan 3,5. Artinya kinerja guru di SDN Cimapag tergolong sedang/ cukup.
Adapun besarnya hubungan antara variabel X dengan variabel Y mencapai : 0,72 dan termasuk korelasi yang cukup kuat. Sedangkan besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y mencapai 31 % dan termasuk pengaruh yang sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa di antara kedua variabel tersebut terdapat saling hubungan dan saling mempengaruhi. Sehingga hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima, artinya ada hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri Cimapag Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya. Jika kemampuan manajerial kepala sekolah baik, maka kinerja guru akan baik pula, dan jika kemampuan manajerial kepala sekolah rendah, maka kinerja guru akan rendah pula.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya