No image available for this title

Text

: ”PENGARUH PENERAPAN TEKNIK BERTANYA DALAM PENGAJARAN PAI TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DI SD NEGERI CIBUNGKUL.



ABSTRAK


J E J E N, Pengaruh Penerapan Teknik Bertanya dalam Pengajaran Bidang Studi Agama Islam Terhadap Kemampuan Siswa (Studi Kasus di SD Negeri Cibungkul Indihiang Tasikmalaya).
Proses belajar mengajar merupakan interaksi edukatif antara pendidik dan anak didik. Untuk dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang efektif diperlukan kemampuan guru dalam menerapkan teknik bertanya yang efektif karena dengan penggunaan teknik bertanya yang efektif dapat menumbuhkan intelektual siswa, kesehatan mental dan emosional siswa, sehingga siswa akan kreatif dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Jika siswa kreatif dan aktif, maka pencapaian tujuan belajar Pendidikan Agama Islam dapat tercapai. Oleh karena itu penerapan teknik bertanya yang efektif berpengaruh terhadap kemampuan belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan teknik bertanya, kreativitas belajar siswa, dan pengaruh penerapan teknik bertanya terhadap kemampuan siswa dalam kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Cibungkul Indihiang Tasikmalaya.
Teori-teori yang digunakan dalam penelitian adalah diantaranya konsep dasar tentang teknik bertanya yang fektif dalam pengajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam dan ruang lingkupnya, kreatifitas belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, pentingnya teknik bertanya yang efektif dalam pengajaran bidang studi Pendidikan Agama Ilam terhadap kemampuan siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi dan angket. Setelah data terkumpul, data angket diklasifikasian menurut jenisnya. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment :
rxy =
kemudian dicari sumbangan pengaruhnya dengan rumus :
KD = r2 x 100%
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa : Penerapan teknik bertanya berkategori cukup dengan diperolehnya nilai rata-rata 68, kemampuan siswa dalam kegiatan belajar mengajar berkategori cukup dengan diperolehnya nilai rata-rata 70,8 dan terdapat pengaruh positif penerapan teknik bertanya terhadap kemampuan dalam kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Islam dengan diperolehnya koefisien korelasi 0,43 (berkategori cukup) sumbangan pengaruhnya sebesar 18,49%.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya