No image available for this title

Text

KOMPETENSI INTERERSONAL KONSEP DIRI DAN KEMANDIRIAN ANAK ASUH DI YAYASAN YATIM PIATU ARTANITA TASIKMALAYA (Studi Kasus Strategi Pembelajaran di TK Artanita Tasikmalaya)



ABSTRAK


KOMPETENSI INTERPERSONAL
KONSEP DIRI DAN KEMANDIRIAN ANAK ASUH
DI YAYASAN YATIM PIATU ARTANITA TASIKMALYA
(Studi Kasus Strategi Pembelajaran di TK Artanita Tasikmalaya)
Oleh :
P I P I H
NIM. 0701.275
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan serta pengaruh kompetensi interpersonal dan konsep diri dengan kemandirian, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri. Kompetensi interpersonal yang dimaksud adalah kemampuan untuk melakukan komunikasi interpersonal secara efektif yang meliputi kemampuan berinisiatif membangun hubungan, kemampuan mempertahankan hubungan dan kemampuan menyelesaikan konflik. Konsep diri yang dimaksud adalah pendapat atau gambaran dan penilaian anak asuh terhadap diri mereka sendiri. Kemandirian yang dimaksud adalah karakteristik pribadi yang mampu membuat pemiliknya menentukan dan mengaktualisasikan diri dan menjadi dirinya seoptimal mungkin.
Kompetensi Interpersonal, konsep diri dan kemandirian diukur dengan angket kompetensi interpesonal, angket konsep diri dan angket kemandirian yang disusun berdasarkan aspek-aspek ketiga variabel tersebut. Sampel diambil secara acak (Simple random sampling). Jumlah sampel diambil berdasarkan acuan Tabel Krecjie, yaitu berjumlah 82 anak asuh dari populasi anak asuh panti asuhan yatim Artanita Kota Tasikmalaya usia remaja (13-21 tahun) yang berjumlah sekitar 100.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan dari dua variabel bebas, baik secara bersama-sama maupun sendiri, dengan variabel tergantung. Hubungan ganda antara kompetensi interpersonal dan konsep diri dengan kemandirian sebesar R = 0,660 (p=0,000). Hasil ini menunjukkan bahwa hubungan ganda antara kompetensi interpersonal dan konsep diri dengan kemandirian adalah positif dan signifikan.
Mayoritas anak asuh panti asuhan yatim Artanita berkemandirian, berkompetensi dan berkonsep diri sedang.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya