No image available for this title

Text

Konsep Pendidikan Salaf Dan Kholaf Pada Pondok Pesantren Bahrul Ulum Awipari-Kota Tasikmalaya.



ABSTRAKSI



RUHIYAT Konsep Pendidikan Salaf Dan Kholaf Pada Pondok Pesantren Bahrul Ulum Awipari-Kota Tasikmalaya

Pengajaran merupakan yang sangat urgan dalam pendidikan. Dimana diharapkan didalamnya sebuah proses yang mampu membangkitkan minat belajar. Hingga dapat melahirkan peserta didik yang mampu hidup dimasyarakat tanpa menjadi beban masyarakat. Konsep pendidikan menjadi sangat penting dalam proses belajar mengajar karena dengan konsep yang baik guru mampu memberikan stimulan kepada siswa agar belajar secara aktif, kretif dan inovatif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan sebuah konsep pendidikan secara salafiyah dan kholafiyah pada Pondok Pesantren Bahrul Ulum Awipari Kota-Tasikmalaya.

Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa untuk merangsang siswa agar mau belajar secara aktif dan menghasilkan lulusan yang berkualitas dari sebuah lembaga pendidikan Pondok Pesantren di perlukan konsep pendidikan yang relevan dengan kondisi keadaan zaman dimana proses pendidikan itu berlangsung dan bisa membuat metode-metode yang tepat dalam penyampaian materi pada peserta didik. Kita tahu bahwa ada dua bentuk tipe Pondok Pesantren yang dianut oleh kalangan lembaga pendidikan Pondok Pesantren yaitu tipe salafiyah (tradisional) dan tipe Pondok Pesantren Kholafiyah (modern).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftip. Penulis melakukan study kepustakaan sebagai landasan teoritis dalam pengumpulan data. Data yang terkumpul di analisis sesuai dengan rumusan masalah yang ada sehingga melahirkan sebuah kesimpulan.

Hasil kesimpulan dari penelitian bahwa yang disebut dengan konsep salaf adalah konsep pendidikan Pondok Pesantren yang menyelenggarakan pengajaran ilmu-ilmu agama Islam yang kegiatan pendidikan dan pengajarannya sebagaimana yang berlangsung sejak awal pertumbuhannya. Sedangkan konsep Kholaf ialah Pondok Pesantren yang selain menyelenggarakan kegiatan kepesantrenan juga menyelenggarakan pendidikan formal (Pendidikan sekolah) baik jalur sekolah umum maupun jalur sekolah berciri khas agama Islam.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Gaung ersada Perss Group : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya