No image available for this title

Text

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM TENTANG MEMPERTAHANKAN KEIMANAN DALAM KUMPULAN CERPEN BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY



ABSTRAK

Nunik Nurul Handayani
NIM : 07.0104.057
“Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kumpulan cerpen BUMI CINTA karya Habiburrahman El-Shirazy tentang Mempertahankan Keimanan.”
Terdapat beberapa cerpen yang penyajiannya cukup menarik. Salah satunya adalah Bumi Cinta Karya Habiburrahman El-Shirazy. Cerpen ini secara umum menggambarkan perjuangan seorang santri salaf dalam mempertahankan keimanan yang hidup di negeri paling menjunjung tinggi seks bebas dan pornografi, yaitu Rusia. Saat ini salah satu cerpen yang menarik dan menjadi pembicaraan dalam berbagai obrolan ringan, diskusi kamar dan forum ilmiah lainnya adalah BUMI CINTA yang ditulis oleh Habiburrahman El-Shirazy. Dalam pengantarnya penulis menyebutkan, buku ini hanya memuat cerita-cerita teladan Islami yang dikumpulkan dari sana-sini. Ini mengisyaratkan bahwa Cerpen BUMI CINTA karya Habiburrahman El-Shirazy mengandung teladan dan pelajaran, contoh yang memuat nilai-nilai Islami. Dengan demikian dalam cerpen tersebut banyak disajikan baik secara tersurat dan tersirat tentang nilai-nilai pendidikan Islam tentang mempertahankan keimanan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang penulisan cerpen Bumi Cinta Karya Habiburrahman El-Shirazy, untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerpen Bumi Cinta, untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam cerpen Bumi Cinta yang terkait dengan keimanan.
Penelitian ini menggunakan metode library research (studi kepustakaan), yaitu penelitian kepustakaan untuk mengungkap berbagai informasi kualitatif dengan pendeskripsian yang diteliti dan penuh nuansa untuk menggambarkan secara cermat suatu hal, fenomena, dan tidak terbatas pada pengumpulan data, melainkan meliputi analisis dan interpretasi. Data primernya adalah cerpen Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy terbitan AUTHOR PUBLISHING cetakan 3 tahun 2010. Data primer dibaca dan difahami dengan mengedepankan pemikiran kritis serta pendekatan hermenutik analitik.
Berdasarkan hasil kajian bahwa : latar belakang penulisan cerpen Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy yaitu hasil taddabur kang Abik atas firman Allah dalam Q.S Al-Anfal [8] : 45-47.
Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam cerpen Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy meliputi pemahaman tentang mempertahankan keimanan, takut akan dosa, kepedulian terhadap lingkungan masyarakat/berjiwa sosial dan keikhlasan dalam menjalankan semua kebajikan yang dilakukannya baik hubungan dengan Allah maupun dengan sesama manusia. Unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy meliputi unsur keimanan, takut akan dosa, dan keikhlasan.
Cerpen Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy sebaiknya dijadikan perumpamaan bagi pendidik dan peserta didik dalam menjalani kehidupannya berpedoman pada AL-Qur’an, mencontoh Rasulullah dengan takut akan dosa, berjiwa sosial, dan ikhlas dalam beramal.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya