No image available for this title

Text

PELAKSANAAN EVALUASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Evaluasi Pada Aspek Afektif)



ABSTRAKSI

PELAKSANAAN EVALUASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(Studi Evaluasi Pada Aspek Afektif)

UUM IMAMAH
NIM : 06.01.129

Dalam proses pembelajaran satu yang tidak mungkin dibagikan adalah pelaksanaan evalausi. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengungkapkan pelaksanaan evaluasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Dalam pembahasan masalah ini penulis menggunakan metode sebagai berikut: Metode Deskriptif Reseach Yaitu untuk mengetahui bagaimana evaluasi pendidikan ranah afektif berdasarkan instrumen yang ada kemudian dikembangkan untuk mengevaluasi pendidikan agama Islam. Sumber data yang diperoleh berasal dari penelitian kepustakaan (library reseach) dengan cara meneliti buku-buku atau sumber lain yang masih ada hubungannya dengan permasalahan. Adapun buku yang dijadikan obyek penelitian adalah buku tentang instrument evaluasi model Likert. Metode Analisis Data Metode analisis data adalah usaha untuk menyeleksi data yang telah masuk untuk menyederhanakan data yang ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan dipahami. Dalam menganalisis data yang telah terkumpul penulis menggunakan analisa data kualitatif dengan metode deskriptif analitis dengan cara berpikir deduktif dan induktif. Metode Induktif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus kemudian dari fakta itu kita tarik kegeneralisasi-generalisasi umum. Metode Deduktif yaitu metode analisis data yang berangakat dari pengetahuan yang sifatnya umum dan bertitik tolak pada pengetahuan yang umum itu kita akan menilai suatu kejadian yang khusus
a. Konsep evaluasi pendidikan merupakan bagian dari proses pelaksanaan dalam kegiatan belajar mengajar yang harus diterapkan dalam lingkungan pendidikan. Evaluasi berfungsi untuk mengetahui tingkat keberhasilan atau ketidakberhasilan dalam program pendidikan yang telah dilaksanakan dalam waktu yang telah ditentukan.
b. Evaluasi ranah afektif dipergunakan dalam mengevaluasi hasil belajar pada ranah afektif ternyata bentuk instrumen model Semantic Defferensial merupakan bentuk instrumen yang paling cocok dibandingkan dengan instrumen model lain. Teknik-teknik penilaian ranah afektif diperlukan untuk mendapatkan gambaran dan data tentang posisi ranah afektif peserta didik terutama dalam mata pelajaran agama Islam.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya