No image available for this title

Text

Pelaksanaan Ikrar Janji Santri Pengaruhnya Terhadap Perilaku Belajar Mereka (Penelitian di Pondok Psanteren Nurul Huda Talegong Salopa.



ABSTRAKSI


Yudi Rustandi. Pelaksanaan Ikrar Janji Santri Pengaruhnya Terhadap Perilaku Belajar Mereka (Penelitian di Pondok Psanteren Nurul Huda Talegong Salopa

Penelitian ini penulis lakukan dengan dasar pemikiran bahwa pelaksanaan ikrar janji santri sebagai bagian dari proses pendidikan. Salah satu tujuannya adalah untuk memotivasi santri dalam proses belajar-mengajar. Diantarnya pelaksanaan Ikrar Janji Santri pengaruhnya dengan perilaku belajar secara teori terdapat hubungan dan saling mempengaruhi.
Penelitian ini bertuuan untuk mengetahui realitas pelaksanaan Ikrar Janji Santri di Pesantren Nurul Huda Talegong Salopa dan realitas pengaruhnya pelaksanaan Ikrar janji santri terhadap perilaku belajar santri Nurul Huda Talegong Salopa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif, yaitu metode yang diarahkan untuk memecahkan permasalahan yang ada sekarang. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi di mana Angket sebagai teknik pokk pengumpulan data.
Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 80 orang santri Nurul Huda talegong yang merupakan jumlah populasi sebagian Santri Nurul Huda Talegong Salopa.
Hasil penghitungan statistik menunjukkan bahwa pelaksanaan Ikrar Janji Santri (variabel x) dengan menganalisis 4 indikator, yaitu isi janji santri. Sikap santri terhadap pelaksanaan ikrar janji santri, dan sanksi yang diberikan kepada pelanggar Ikrar Janji Santri menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,91 dan tergolong “tinggi” keadaan perilaku belajar Santri (variabel Y) dengan menganalisis 5 indikator yaitu : ketekunan dalam menghadapi tugas, keuletan, kebiasaan, minat dalam belajar dan kebiasaan mencari dan memecahkan masalah. Ternyata diperoleh rata-rata nilai sebesar 3,07 dan tergolong “sedang”. Adapun pengaruh pelaksanaan Ikrar Janji Santri terhadap perilaku Santri di Pesantren Nurul Huda Talegong. Setelah dilakukan penghitungan dengan menggunakan rumus rank mencapai hasil 0,21 dan termasuk kategori “rendah”. Ditinjau dari segi pengaruh variabel X terhadap Variabel Y, mencapai 2,3%. Artnya masih terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku belajar siswa sekitar 97,7% bak faktor internal maupun faktor eksternal.
Dengan demikian diharapkan kepda pengelola Pesantren Nurul Huda Talegong untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan janji Santri yang akan berdampak positif pada perilaku belajar santri dan diharapkan bisa membuat perubahan pada prilaku belajar santri.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya