No image available for this title

Text

“Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MTs Muhammadiyah 6 Al-Furkon Singaparna Tasikmalaya”



ABSTRAK

FITRI ERNAWATI :“Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MTs Muhammadiyah 6 Al-Furkon Singaparna Tasikmalaya”
Penelitian ini bertolak dari dasar pemikiran bahwa pengaruh kreativitas guru dalam pengelolaan kelas pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa dalam hal ini secara teoritik saling mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan saling mempengaruhi realitas pengaruh kreativitas guru dalam pengelolaan kelas, dan realitas pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan data yang di peroleh dari siswa di MTs Muhammadiyah 6 Al – Furkon Singaparna Kabupaten Tasikmalaya.
Metode penelitian yang penulis pergunakan adalah metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya diambil melalui observasi, wawancara, angket, studi dokumentasi dan studi kepustakaan dimana teknik angket merupakan teknik pokok pengumpulan data.
Hasil perhitungan statistik menunjukan bahwa rata – rata nilai jawaban responden atas 10 item pertanyaan yang memuat tiga indikator pengaruh kreativitas guru dalam pengelolaan kelas (variabel X) yaitu : pemkiran baru, inovatif, dan memiliki alternatif mencapai 3,4 merupakan tergolong cukup, karena barada di antara interval 2,5 sampai dengan 3,5. Sedangkan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa (variabel Y) yaitu : Tekun , ulet, dan tidak putus asa mencapai 4,2 merupakan tergolong tinggi karena berada di antara interval 3,4 sampai dengan 4,5.
Adapun besarnya pengaruh kreativitas guru dalam pengelolaan kelas pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di MTs Muhammadiyah 6 Al – Furkon Singaparna Kabupatan Tasikmalaya mencapai 0,77 dan termasuk korelasi tinggi karena berada di antara 0,70 sampai dengan 0,90. Sedangkan besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y mencapai 59,29 %. Dengan demikian bahwa kedua variabel tersebut dapat saling mempengaruhi. Oleh karena itu hipotesis diajukan penulisn dapat diterima, artinya semakin baik pengaruh kreativitas guru dalam pengelolaan kelas, maka semakin baik pula pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di MTs Muhammadiyah 6 Al – Furkon Singaparna Kabupatan Tasikmalaya. Dan semakin buruk kreativitas guru dalam pengelolaan kelas, maka akan semakin buruk pula pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di MTs Muhammadiyah 6 Al – Furkon Singaparna Kabupatan Tasikmalaya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya