No image available for this title

Text

PEMANFAATAN PUSAT SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian terhadap siswa di MTs Munawarotul Hidayah Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya)



ABSTRAK


DIAN WINDANIATI . 07.01.128. 2011. Pemanfaatan Pusat Sumber Belajar Perpustakaan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian terhadap siswa di MTs Munawarotul Hidayah Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya). Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Sekolah Tinggi Agama Islam Tasikmalaya.
Dalam dunia pendidikan ada yang dinamakan proses pembelajaran, dan untuk meningkatkan kualitas belajar maka perlu adanya pemanfaatan sumber belajar (perpustakaan). Sebagian orang beranggapan bahwa belajar adalah semata-mata mengumpulkan atau menghapalkan fakta-fakta yang tersaji dalam bentuk informasi atau materi pelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pemanfaatan pusat sumber belajar Perpustakaan dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam? Bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Munawarotul Hidayah Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya? Bagaimana pengaruh pemanfaatan pusat sumber belajar Perpustakaan terhadap Peningkatan Proses Pembelajaran Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di MTs Munawarotul Hidayah Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya?. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pemanfaatan pusat sumber belajar dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam. Untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Munawarotul Hidayah Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan pusat sumber belajar terhadap peningkatan proses pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam di MTs Munawarotul Hidayah Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya
Metode penelitian adalah metode deskriptif. Populasi dan Sampel adalah siswa MTs Munawarotul Hidayah Kecamatan Cikalong yang berjumlah 30 orang. Instrumen serta teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penyebaran kuesioner, observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji korelasi, uji determinasi, serta uji t untuk menguji hipotesis penelitian.
Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh rata-rata respon tanggapan siswa terhadap pemanfaatan pusat sumber belajar Perpustakaan tergolong sangat baik dengan rata-rata 4,34. Adapun proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan nilai rata-rata 2,9 dengan kriteria cukup. Hasil uji korelasi menghasilkan nilai r=0,645 yang berarti pemanfaatan pusat sumber belajar Perpustakaan mempunyai pengaruh atau hubungan yang tinggi terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa MTs Munawarotul Hidayah Kecamatan Cikalong. Besarnya


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya