No image available for this title

Text

Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Keterampilan Muhadatsah Santri ( Penelitian di Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah Kabupaten Garut Tahun Ajaran 2009/2010 )



ABSTRAK


PIPIH NURLATIPAH. 06.0104.096.2010. Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Keterampilan Muhadatsah Santri ( Penelitian di Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah Kabupaten Garut Tahun Ajaran 2009/2010 ). Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Konsentrasi PGMI Sekolah Tinggi Agama Islam Tasikmalaya.
Pembelajaran bahasa Arab bukan hanya sebagai penyampaian pengetahuan tentang bahasa saja, seperti halnya dalam metode pembelajarannya pun bukan hanya ditekankan pada metode hapalan. Untuk itu perlu adanya usaha guru dalam pemilihan metode pembelajaran bahasa Arab yang tepat untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa optimal. Salah satu metode pembelajaran bahasa Arab yang mampu meningkatkan keterampilan Muhadatsah santri adalah metode demonstrasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab?, bagaimana Hasil pembelajaran bahasa Arab?, dan apakah terdapat pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran bahasa Arab terhadap peningkatan keterampilan Muhadatsah santri di Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah Kabupaten Garut.
Metode penelitian adalah metode deskriptif. Populasi adalah Santri santriah Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah Kabupaten Garut yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah Santri santriah pondok pesantren Darussalam. Instrumen serta teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penyebaran kuesioner (angket) , observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji korelasi, uji determinasi, serta uji t untuk menguji hipotesis penelitian.
Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh rata-rata respon siswa terhadap penerapan metode demonstrasi dalam pembelajran bahasa Arab tergolong baik dengan rata-rata 3,76. Adapun hasil pengolahan data diperoleh rata-rata respon siswa terhadap peningkatan keterampilan muhadatsah santri tergolong cukup dengan rata-rata 3,45. Hasil uji korelasi mengahasilkan nilai r = 0,78 yang berarti penerapan metode demonstrasi mempunyai pengaruh tinggi terhadap peningkatan keterampilan muhadatsah santri di pondok pesantren Darussalam Kersamanah Garut. Besarnya pengaruh penerapan metode demonstrasi adalah 60,84%, sedangkan sisanya 39,16% dipengaruhi faktor lain. Dari uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 9,48 dan ttabel pada n=60 (dk=58) dengan taraf nyata 5% adalah 1,676. Dengan demikian, thitung > ttabel yaitu 9,48 > ttabel 1,676; artinya Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran bahasa Arab berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan muhadastah santri pondok pesantren Darussalam Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Gaung ersada Perss Group : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya