No image available for this title

Text

“Penerapan Metode Karyawisata (Fieldtrip) Sebagai Upaya Menumbuhkan Interaksi Sosial di TK Al-Mubarok Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya”



ABSTRAKSI

Ai Rosi Rosmiawati (07.0103.003) “Penerapan Metode Karyawisata (Fieldtrip) Sebagai Upaya Menumbuhkan Interaksi Sosial di TK Al-Mubarok Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya”

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan metode karyawisata di TK Al-Mubarok Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya; (2) Interaksi sosial yang terjadi pada anak didik TK Al-Mubarok Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya; (3) metode karyawisata sebagai upaya untuk menumbuhkan interaksi sosial anak didik di TK Al-Mubarok Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya, Skripsi ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi untuk memperoleh data tentang suatu kondisi fisik, situasi lingkungan baik fisik maupun non fisik. Metode wawancara untuk mengumpulkan data tentang pelaksanaan metode karyawisata serta interaksi sosial yang terjadi pada anak didik TK Al-Mubarok. serta pengaruh metode karyawisata terhadap interaksi sosial anak didik. Metode dokumentasi untuk memperoleh data tentang mlah gurui, jumlah anak didik, sarana dan prasarana sekolah dan sebagainya. Data tersebut kemidian dianalisis dengan menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode karyawisata sudah cukup baik dan berjalan lancar. Manaat dari pelakasanaan metode karyawisata dapat dilihat dari perubahan perilaku anak didik. Interaksi sosial anak didik semakin luas dibandingkan sebelumnya. Relasi sosial yang mereka jalin juga semakin bertambah. Demikian juga beberapa ketrampilan seperti ketrampilan emosi, bahasa, moral, bermain, dan sosial yang mereka kuasai semakin berkembang.
Pelaksanaan metode karyawisata di TK Al-Mubarok dinilai cukup baik, dan upaya guru untuk menjalin interaksi sosial anak didiknya tercapai melalui metode tersebut. Namun perlu adanya penambahan kegiatan dalam pelaksanaan metode karyawisata, yaitu kegiatan yang dapat merangsang perkembangan ketrampilan-ketrampilan bagi anak usia TK agar mereka memiliki kepribadian yang matang.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya