No image available for this title

Text

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PENGARUHNYA TERHADAP PEMBELAJARAN FIQIH. (Penelitian di MI PUI Awiluar Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya).



Abstrak

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PENGARUHNYA TERHADAP PEMBELAJARAN FIQIH. (Penelitian di MI PUI Awiluar Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya).

Kegiatan belajar mengajar bertujuan untuk membina jasmani kesehatan dan keterampilan (aspek psikomotor), membina akal (aspek kognitif) dan membina hati (aspek afektif). Tujuan tersebut akan tercapai, jika guru melaksanakan tugasnya sebagai pendidik yang melaksanakan ketiga aspek tersebut. Tindakan penerapan model pembelajaran memerlukan kesiapan diantaranya merumuskan tujuan, aspek yang dinilai dan menyiapkan model tersebut. Jika guru mampu mempersiapkan dan melaksanakan peranannya sebagai pendidik, maka akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang maksimal dalam kegiatan belajar mengajar, karena dengan peran guru tersebut, siswa akan terdorong untuk melakukan suatu kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pengaruhnya terhadap hasil belajar bidang studi Fiqih.

Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya mengenai konsep dasar model pembelajaran, prestasi belajar siswa dan usaha-usaha menumbuhkannya, hubungan antara peran guru sebagai pengajar dengan hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan angket. Setelah data terkumpul kemudian diklasifikasikan menurut jenisnya, untuk selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment :
rxy =

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran CTL berkategori cukup dengan diperolehnya nilai rata-rata angket sebesar 72, hasil / prestasi belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar bidang studi Fiqih berkategori cukup dengan diperolehnya nilai rata-rata angket sebesar 71. Terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut dengan diperolehnya nilai koefisien korelasi sebesar 0,58 (berkategori cukup). Sumbangan pengaruhnya sebesar 33,64 %.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Gaung ersada Perss Group : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya