No image available for this title

Text

DODI KURNIADI : PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN SEBELUM BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN AHLAK SISWA SEHARI-HARI (Penelitian di SDN II Bebedahan Kecamatan Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya). Prodi PAI Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Tasikmalaya 2009.



ABSTRAK

DODI KURNIADI : PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN SEBELUM BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN AHLAK SISWA SEHARI-HARI (Penelitian di SDN II Bebedahan Kecamatan Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya). Prodi PAI Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Tasikmalaya 2009

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum proses belajar mengajar, mengetahui ahlak siswa sehari-hari di SDN II Bebedahan kecamatan Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya dan pengaruh aktifitas pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar terhadap peningkatan ahlak siswa sehari-hari.

Subyek dalam penelitian adalah kelas V dan VI, dengan pertimbangan bahwa siswa pada usia ini mulai dapat berfikir kritis sehingga diharapkan mendapatkan hasil penelitian yang akurat.

Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dimana peneliti berkedudukan sama dengan subjek penelitian, berusaha memahami makna dibalik perilaku yang tampak, tujuannya adalah mengembangkan teori bukan menguji teori dengan menggunakan paradigma interpretative dimana yang mengetahui dan yang diketahui ada hubungan interaksi langsung dengan menekankan pada hubungan timbal balik bukan sebab akibat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap siswa Sekolah Dasar Negeri II Bebedahan, hasil dari kuisioner yang disebarkan peneliti menunjukkan keadaan yang standard saja, dalam artian tidak terdapat penyimpangan-penyimpangan, siswa masih taat dan patuh serta memperhatikan kedisiplinan yang ada di sekolah dan pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar di Sekolah Dasar Negeri II Bebedahan memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap pembentukkan ahlak siswa sehari-hari khususnya di lingkungan sekolah umumnya dimasyarakat, hal ini terlihat dari kedisiplinan siswa dalam mematuhi aturan yang ada di sekolah.

Kata Kunci : Pembiasaan , Keutamaan Membaca Al-Qur’an, Ahlak, Siswa dan SDN II Bebedahan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya