No image available for this title

Text

“Pengaruh Bimbingan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI”



ABSTRAK


SITI HALIMAH :“Pengaruh Bimbingan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI”
Dalam proses belajar mengajar dikenal beberapa metode untuk memudahkan anak dalam menangkap dan mengimplementasikan materi yang di dapat dari hasil pembelajaran. Dalam hal ini bimbingan merupakan integral dari pembelajaran itu sendiri karena bimbingan merupakan proses rutinitas yang tujuannya agar menjadikan kebiasaan positif. Spesifikasi bimbingan emotional spiritual quotient (ESQ) tentunya bertujuan agar dapat memotivasi belajar siswa
Yang menjadi dasar pemikiran dalam penelitian ini adalah dilatar belakangi oleh tujuan untuk proses islamisasi dengan bimbingan Emotional Spiritual Quotient (ESQ sebagai salah satu cara untuk memotivasi siswa dalam belajar PAI serta untuk mempertahankan pendidikan islam yang homogen dari krusakan mental peserta didik dalam menghadapi kehidupan di masyarakat.
Penelitian ini mempunyai tujuan pokok yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh bimbingan spiritual quotient (ESQ) terhadap motivasi belajarl siswa. Adapun sebagai responden atau Objek penelitian ini adalah siswa/siswi Kelas V MI PUI Sindangwargi Kelurahan Cilamajang, Kecamatan Kaalu, Kota Tasikmalaya.
Hipotesis yang di ajukan oleh penulis pada penelitian ini adalah “ terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaruh bimbingan emotional spiritual quotient (ESQ) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di MI PUI Sindangwargi Kelurahan Cilamajang, Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriftif, dimana data di peroleh dengan menggunakan angket, Wawancara, dan Observasi. Melalui penyebaran angket dan hasil penghitungan, di peroleh kesimpulan bahwa pengaruh bimbingan emotional spiritual quotient (ESQ) (Variabel X) mempunyai pengaruh yang cukup tinggi terhadap motivasi belajar siswa (Varibel Y) yaitu sebesar 1 % sedangkan besar atau derajat korelasinya sebesar 0,04 berarti menunjukan korelasi yang tinggi. Dan dapat diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis dengan rumus “t”, yakni nilai “t” hitung 0,25 lebih besar dari pada nilai “t” daftar sebesar 1,96., dengan demikian hipotesis penulis dapat di terima.
Bimbingan ESQ di MI PUI Sindangwargi Kawalu dilaksanakan dengan baik, motivasi belajar siswa meningkat baik, dan pengaruh bimbingan ESQ terhadap motivasi belajar siswa terdapat kolerasi.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya