No image available for this title

Text

Pengaruh Implementasi dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Eksperimen di Kelas V SD Negeri 2 Sukaratu, Kecamatan Sukaresik – Tasikmalaya Pada Sub Konsep Iman Kepada Rasul-rasul Allah).



ABSTRAK

LINDA PARLINA, (2010). Pengaruh Implementasi dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Eksperimen di Kelas V SD Negeri 2 Sukaratu, Kecamatan Sukaresik – Tasikmalaya Pada Sub Konsep Iman Kepada Rasul-rasul Allah).
Skripsi. Tasikmalaya, Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sekolah Tinggi Agama Islam Tasikmalaya.


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Implementasi dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2009 sampai dengan bulan April 2010 di SD Negeri 2 Sukaratu. Populasinya adalah seluruh kelas V SD Negeri 2 Sukaratu sebanyak 2 kelas, dengan jumlah siswa sebanyak 71 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yang ada yaitu kelas Va dan Vb, yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa pada sub konsep Iman Kepada Rasul-rasul Allah. Tes ini berupa tes bentuk pilihan ganda dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t.
Hasil penelitian ini, proses pembinaan yang dilakukan memberikan hasil yang memuaskan. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang digunakan sebelum model Student Teams Achievement Divisions (STAD). Yang mana siswa langsung membantu satu sama lain sehingga proses pembelajaran tidak tegang dan membuat siswa semangat untuk mengikuti pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan model pembelajaran sebelum menggunakan Student Teams Achievement Divisions (STAD), yaitu siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) mempunyai rata-rata lebih tinggi ( =17,61 ) daripada siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Sebelum menggunakan Student Teams Achievement Divisions (STAD) ( =16,13 ).


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya