No image available for this title

Text

Pengaruh Intensitas Menonton Tayangan Infotainment di Televisi terhadap Akhlak Peserta Didik (Studi Kasus pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya).



ABSTRAK

Teni Sukmawati. 06.0104.150. Pengaruh Intensitas Menonton Tayangan Infotainment di Televisi terhadap Akhlak Peserta Didik (Studi Kasus pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya).

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa keberadaan tayangan infotainment, satu program acara tentang pergunjingan sekitar rumah tangga para selebritis yang sarat dengan perselingkuhan, perceraian, perselisihan antara orang tua dan anak, dan lain-lain ini justru menyedot perhatian pemirsa. Lebih runyam lagi acara sejenis ini justru meraih rating yang tinggi, yang otomatis dapat mengeruk perolehan iklan yang besar untuk keuntungan perusahaan media televisi. Dari kondisi ini terjadilah "konspirasi" dari berbagai kepentingan antara produser, lembaga penyiaran, lembaga rating, dan pengiklan untuk saling menghidupi sekaligus mencetak keuntungan. Sehingga meski secara kualitas isinya tidak bisa dinilai baik, kolaborasi antara berbagai pihak itu tetap mempertahankan bahkan menggenjot jumlah serta jenis infotainment untuk makin bertambah, dan mengepung seluruh sisi kehidupan kita, dan lebih parahnya mempengaruhi akhlak, terutama di kalangan peserta didik.
Untuk membentuk kepribadian muslim, maka akhlak sangatlah penting bagi kehidupan keluarga dan masyarakat, tidak kurangnya dirasakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Akhlak sebagai dasar bagi segala aspek kehidupan manusia. Agar anak berakhlak mulia, maka perlu menanamkan nilai-nilai akhlak sejak dini pada anak.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton tayangan infotainment di Televisi terhadap akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam pembahasan skripsi ini adalah metode deskriptif analisis yang ditunjang oleh data-data yang diperoleh melalui penelitian lapangan (Field Research).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat korelasi sedang antara pengaruh intensitas menonton tayangan infotainment di Televisi dengan akhlak peserta didik SMA Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya, hal ini dibuktikan dengan perolehan indeks korelasi sebesar 0,5. Setelah membandingkan thitung dengan ttabel yang menggunakan taraf kepercayaan 0,05. thitung adalah 3,55 sedangkan ttabel adalah 2,772. Jadi thitung lebih besar daripada ttabel, artinya hipotesis diterima, dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikans antara intensitas menonton tayangan infotainment di Televisi terhadap akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya