No image available for this title

Text

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran PAI Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik”. (Penelitian di SDN 1 Banyurasa Desa Banyurasa Kec. Sukahening Kab. Tasikmalaya).



ABSTRAX
Nina Diana “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran PAI
Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik”.
(Penelitian di SDN 1 Banyurasa Desa Banyurasa Kec.
Sukahening Kab. Tasikmalaya).


Kompetensi profesional yaitu kemampuan untuk dapat menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan guru mampu membimbing peserta didik dapat memenuhi standar kompetensi minimal yang seharusnya dikuasai oleh peserta didik. Guru diwajibkan menguasai dengan baik mata pelajaran yang diasuhnya, sejak dari dasar-dasar keilmuannya sampai dengan bagaimana metode dan teknik untuk mengajarkan serta cara menilai dan mengevaluasi siswa yang mengikuti proses belajar-mengajar.
Prestasi belajar adalah hasil belajar yang telah dicapai menurut kemampuan yang tidak dimiliki dan ditandai dengan perkembangan serta perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang diperlukan dari belajar dengan waktu tertentu, Prestasi belajar merupakan hasil interaksi antara beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru mata pelajaran PAI terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Banyurasa Desa Banyurasa Kec. Sukahening Kab. Tasikmalaya..
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dua bentuk metode penelitian. Pertama, penulis menggunakan metode penelitian Library Research, melalui penelitian ini penulis berusaha mengkaji buku-buku serta tulisan ilmiah yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam skripsi ini. Kedua, menggunakan penelitian Field Research, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke SDN 1 Banyurasa Desa Banyurasa Kec. Sukahening Kab. Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui angket yang diberikan kepada sampel yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang, kemudian dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Setelah data-data tersebut diperoleh, penulis menganalisis data dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus Product Moment. Selanjutnya penulis menyimpulkan hasil penelitian dalam bentuk interpretasi data.
Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa nilai “r xy” lebih besar dari nilai “r” tabel atau “rt” baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% yaitu (0,618>0,304>0,393). Hal ini menunjukkan adanya koefisien korelasi yang sedang atau cukup signifikan, atau dengan kata lain bahwa kompetensi profesional guru mata pelajaran PAI cukup berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Banyurasa Desa Banyurasa Kec. Sukahening Kab. Tasikmalaya. Kompetensi profesional tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik sebesar 38% dan 62% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya