No image available for this title

Text

Pengaruh Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Wustha Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Perkembangan Sikap dan Kepribadian Peserta Didik di SMP (Penelitian di SMP Islam Terpadu Al-Malik Desa Sinagar Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya).



ABSTRAKSI
Dede Rohmah : Pengaruh Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Wustha Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Perkembangan Sikap dan Kepribadian Peserta Didik di SMP (Penelitian di SMP Islam Terpadu Al-Malik Desa Sinagar Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya).

Seiring dengan perkembangan zaman dan di tengah krisis multidimensional saat ini yang memiliki pengaruh demikian besar terhadap perkembangan akhlak yang berdampak pada perkembangan sikap dan kepribadian remaja yang umumnya di mulai sejak usia sekolah menengah pertama, telah menimbulkan banyak kejadian yang cukup menghawatirkan, padahal remaja adalah generasi penerus bangsa yang akan menggantikan para pemimpin bangsa dan negara, bagaimana nasib kita selanjutnya jika para generasi penerusnya tidak dapat di andalkan. Sebagaimana kita tahu bahwa seorang pemimpin harus dapat menjadi suritauladan bagi yang dipimpinnya. Hal itu tidak akan terwujud tanpa adanya pendidikan agama yang merupakan benteng dan pondasi dalam kehidupan mereka.
Menyikapi hal tersebut, maka diperlukan pendidikan agama dengan porsi lebih banyak, baik di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah. Untuk itu di lakukanlah metode pengembangan kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha pada mata pelajaran PAI di tingkat SMP.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pengembangan kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha pada mata pelajaran PAI terhadap perkembangan sikap dan kepribadian siswa usia SMP.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif, yaitu suatu penelitian yang diupayakan untuk mendata atau mengamati permasalahan secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat objek tertentu. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Terpadu Al-Malik Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya yang memang telah mulai menerapkan metode pengembangan kurikulum tersebut. Untuk pengambilan data penulis mengambil populasi seluruh siswa kelas VII SMP Islam Terpadu Al-Malik.
Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengembangan kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha pada mata pelajaran PAI terhadap perkembangan sikap dan kepribadian siswa di SMP. Hal ini ditunjukan dengan perolehan indeks korelasi sebesar 0.59 lebih besar daripada r tabel baik pada tarap signifikasi 1 % maupun tarap signifikasi 5 %.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat khusus bagi peneliti dan guru yang senantiasa peduli dengan paradigma kehidupan yang minim keagamaan guna memperluas pengetahuan dan keilmuan kita khususnya di bidang agama Islam maupun bagi lembaga tercinta ini.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya