No image available for this title

Text

”Pengaruh Menonton Tayangan Kekerasan di Televisi Terhadap Moral Anak” (Penelitian di SMP YPI Al-Huda Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya)



ABSTRAK

JIHAN SADAD ”Pengaruh Menonton Tayangan Kekerasan di Televisi Terhadap Moral Anak” (Penelitian di SMP YPI Al-Huda Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya)

Tayangan kekerasan di televisi mengundang perhatian serius dari lapisan masyarakat, bahkan sebagian besar masyarakat mengecam tayangan kekerasan di televisi. Jika anak sudah terbiasa dengan menonton tayangan kekerasan maka dimasa mendatang ia akan terbiasa dengan kekerasan. “Selain dari pada itu tayangan kekerasan di televisi juga dapat berdampak negatif terhadap perkembangan jiwa dan moral anak bahkan menghambat perkembangan fisiknya. Perilaku kekerasan seperti perkelahian, yang akhir-akhir ini sangat merebak, dilihat dari segi kualitas maupun kuantitas menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Perilaku anti-social ini bila dibiarkan berkepanjangan dan tidak ditangani secara sungguh-sungguh oleh orang tua, masyarakat dan pemerintah dapat menimbulkan gangguan moral pada anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu seberapa besar pengaruh menonton tayangan kekerasan di televisi terhadap moral anak di SMP YPI Al-Huda Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh menonton tayangan kekerasan di televisi terhadap moral anak di SMP YPI Al-Huda Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.
Kerangka pemikiran dalam penelitian ini yaitu kemajuan media massa banyak dampak positifnya, tetapi lebih berbahaya jika dampak negatifnya lebih banyak ditiru oleh khalayak umum, disinilah perlunya pendekatan keagamaan, khusus lagi pendekatan keagamaan yang berorientasi pada moral dengan menanamkan nilai akhlak kepada anak. Penulis merumuskan asumsi yaitu: “Adanya pengaruh yang signifikan antara menonton tayangan kekerasan di televisi terhadap moral anak di SMP YPI Al-Huda Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya”.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII – IX SMP YPI Al-Huda Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya sebanyak 216 siswa, dengan sampel sebanyak 50 orang. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu menentukan nilai rata-rata, mengukur normalitas masing-masing variabel, menentukan signifikasi korelasi, menguji hipotesis.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa pengaruh menonton tayangan kekerasan di televisi terhadap moral anak di SMP YPI Al-Huda Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya mempunyai pengaruh negatif. Pengaruhnya sebesar 57% sedangkan 43% dipengaruhi faktor lain.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya