No image available for this title

Text

Pengaruh Minat Membaca terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Sindangsari Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya



ABSTRAK
RISMA MASRIANI Pengaruh Minat Membaca terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Sindangsari Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya

Minat membaca memberi pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Sehingga diharapkan dapat mengatasi masalah prestasi belajar yang masih rendah khususnya pada mata pelajaran PAI. Kondisi belajar mengajar yang efektif adalah adanya minat dan perhatian siswa dalam belajar. Keterlibatan siswa dalam belajar erat kaitannya dengan sifat-sifat murid, baik yang bersifat kognitif seperti kecerdasan dan bakat maupun yang bersifat afektif seperti motivasi, rasa percaya diri, dan minatnya. Sehubungan dengan itu, penulis memiliki keinginan untuk meneliti bagaimana pengaruh minat membaca terhadap prestasi belajar siswa. Sekolah yang menjadi objek penelitian adalah SDN Sindangsari Kecamatan Parungponteng kabupaten tasikmalaya. Hal ini didasarkan bahwa minat membaca siswa perlu terus ditingkatkan untuk tercapainya prestasi belajar siswa yang diharapkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk pengaruh minat membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Sindangsari Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya.
Penulis merumuskan hipotesis yaitu: “Minat membaca dapat berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Sindangsari Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya”.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu menentukan nilai rata-rata, mengukur normalitas masing-masing variabel, menentukan signifikasi korelasi, menguji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data bahwa : Minat membaca siswa di SDN Sindangsari Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya termasuk kualifikasi baik Hal ini menunjukkan bahwa secara umum minat membaca siswa di SDN Sindangsari Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya termasuk kualifikasi tinggi dengan rata-rata 4,35. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Sindangsari Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya, termasuk kategori baik sekali. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Sindangsari Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya termasuk kualifikasi cukup dengan rata-rata 64,35. Pengaruh minat membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Sindangsari Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan perhitungan statistik sebesar 10%.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Gaung ersada Perss Group : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya