No image available for this title

Text

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK (PAUD SAHARA SINGAPARNA)



ABSTRAK

ATEH NURHAYATI : Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Beyond Centers And Circle Time (BCCT) terhadap Perkembangan Bahasa Anak di PAUD Sahara Singaparna.

Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran teoritis bahwa model sentra dan lingkaran merupakan salah satu metode pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini yang mengedepankan konsep bermain bagi anak, sehingga pertumbuhan dan perkembangannya optimal. Untuk memfasilitasi anak agar memiliki kesempatan bermain yang cukup, pendidikan anak usia dini salah satunya dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran sentra dan lingkaran atau BCCT (Beyond Centers and Circle Time).
Penelitian ini membahas dua variabel, yaitu variabel X Model Pembelajaran Sentra Beyond Center And Circle Time (BCCT) dan variabel Y Perkembangan Bahasa Anak. Sedangkan masalah yang diteliti adalah sejauhmana Model pembelajaran sentra Beyond Centers And Circle Time (BCCT), bagaimana Perkembangan Bahasa Anak di PAUD SAHARA Singaparna dan sejauhmana pengaruh Model Pembelajaran Sentra Beyond Centers And Circle Time (BCCT) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di PAUD SAHARA Singaparna.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Model pembelajaran sentra Beyond Centers And Circle Time (BCCT), Perkembangan Bahasa Anak di PAUD SAHARA Singaparna dan pengaruh Model Pembelajaran Sentra Beyond Centers And Circle Time (BCCT) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di PAUD SAHARA Singaparna.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yang ditunjang oleh data yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan (Library Reseach), dan penelitian lapangan (Field Research), karena metode ini cocok untuk menggali dan menganalisis fenomena yang tengah terjadi. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan murid PAUD SAHARA Singaparna Tasikmalaya sebanyak 18 anak sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu 18 anak. Analisis datanya melalui analisis parsial dan analisis korelasi.
Berdasarkan perhitungan bahwa terdapat hubungan pengaruh Model Pembelajaran Sentra Beyond Centers And Circle Time (BCCT) dengan koefisien korelasi 0,81, itu menghasilkan hubungan 65,74% dan ada faktor lain sebesar 34,26% yang bisa mempengaruhi perkembangan bahasa anak. Ini berarti hipotesis yang diajukan (Hi) yang menyatakan adanya pengaruh Model Pembelajaran Sentra Beyond Centers And Circle Time (BCCT) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak diterima. Sedangkan hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada pengaruh Model Pembelajaran Sentra Beyond Centers And Circle Time (BCCT) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak ditolak.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya