No image available for this title

Text

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MEREKA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)” (Penelitian di SDN Cibeuti II Kel. Cibeuti Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya)



ABSTRAKSI

ARIA YULIANA (2010) : “ PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MEREKA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)”
(Penelitian di SDN Cibeuti II Kel. Cibeuti Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya)

Penelitian ini bertolak dari dasar pemikiran bahwa antara motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar mereka pada pelajaran pendidikan agama islam (PAI). Secara teoritik ternyata saling mempengaruhi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas motivasi belajar peserta didik pada pelajaran PAI di SDN Cibeuti II Kota Tasikmalaya, untuk mengetahui realitas hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI di SDN Cibeuti II Kota Tasikmalaya dan untuk mengetahui realitas motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar mereka pada pelajaran PAI di SDN Cibeuti II Kota Tasikmalaya.
Metode penelitian yang penulis pergunakan adalah metode deskriptif, sedangkan tehnik pengumpulan datanya diambil melalui observasi, wawancara, dan angket. Dimana tehnik angket merupakan tehnik pokok pengumpulan data.
Hasil perhitungan statistik menunjukan bahwa rata-rata nilai jawaban responden atas 10 item pertanyaan yang memuat 4 indikator diantaranya :, Tumbuhnya sikap disiplin, Adanya minat dan perhatian yang serius, Adanya partisifasi, dan Tumbuhnya inisiatif dan kreativitas.
Adapun pengaruh antara motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar mereka pada pelajaran PAI di SDN Cibeuti II Kota Tasikmalaya. Mencapai 64% dan termasuk pengaruh yang besar. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima, artinya “Semakin tinggi motivasi belajar peserta didik, maka semakin tinggi pula hasil belajar mereka pada pelajaran PAI”dan “Semakin rendah motivasi belajar peserta didik, maka semakin rendah pula hasil belajar mereka pada pelajaran PAI”.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya