No image available for this title

Text

Pengaruh Pelaksanaan Manajemen Berbabsis Sekolah Terhadap Kualitas pembelajaran Siswa (Penelitian di SMP Islam Bahrul Ulum Gunungbalong Gunungsari Sukaratu Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2009/2010)



ABSTRAK


KIKI RIZKI ZAKIAH. Pengaruh Pelaksanaan Manajemen Berbabsis Sekolah Terhadap Kualitas pembelajaran Siswa (Penelitian di SMP Islam Bahrul Ulum Gunungbalong Gunungsari Sukaratu Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2009/2010).
Manajemen berbasis sekolah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai keunggulan masyarakat melalui pendidikan yang bermutu yang pada akhirnya mencapai tujuan pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memperdayakan semua Warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan jaman yang selalu berubah.
Prinsip dasar dari MBS adalah bahwa sekolah mendapat otonomi luas dan bertanggung jawab dalam menggali, memanfaatkan serta mengarahkan berbagai sumber daya, baik eksternal maupun internal untuk kelancaran kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan adanya MBS ini memotivasi prifesionalisme dari guru dan Kepala Sekolah sebagai pemimpin pendidikan di sekolah.
Permasalahan yang timbul adalah. Pertama bagaimana pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Islam Bahrul Ulum?, Kedua bagaimana kualitas pembelajaran siswa di SMP Islam Bahrul Ulum?, Ketiga bagaimana pengaruh pelaksanaan manajemen berbasis sekolah terhadap kualitas pembelajaran siswa di SMP Islam Bahrul Ulum?
Berangkat dari permasalahan tersebut di atas, penulis merasa baik untuk mengadakan penelitian tentang pengaruh pelaksanaan manajemen berbasis sekolah terhadap kualitas pembelajaran siswa di SMP Islam Bahrul Ulum Gunung Balong. Desa Gunungsari Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, dengan mempertimbangkan beberapa hal diantaranya lokasi penelitian tersebut dekat dengan tempat tinggal penulis dan ketertarikan penulis dengan suatu manajemen sekolah. Menurut hasil penelitian penulis terhadap sampel yang diteliti ternyata pengaruh manajemen sekolah itu sangat mempengaruhi terhadap pembelajaran yang berkualitas dan hal tersebut sudah dibuktikan.
Adapun metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode yang bertujuan mendekripsikan masalah-masalah yang dihadapi secara rinci, dengan menggunakan metode korelasional yaitu suatu metode yang melibatkan tindakan pengumpulan data, guna menentukan apakah ada hubungan dan tingkat antara dua variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh manajemen berbasis sekolah pengaruh positifnya sangat tinggi terhadap kualitas pembelajaran siswa di SMP Islam Bahrul Ulum Gunung Balong Desa Gunungsari Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi PAI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya