No image available for this title

Text

HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VIII SMP ISLAM BAHRUL ULUM AWIPARI TAHUN PELAJARAN 2015/2016



Hubungan antara pemahaman pada pendidikan agama Islam dengan kemampuan problem solving siswa Kelas VIII SMP Islam Bahrul Ulum Awipari Tahun pelajaran 2015/2016.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara pemahaman pada pendidikan agama Islam dengan kemampuan problem solving siswa VIII SMP Islam Bahrul Ulum Awipari Tahun pelajaran 2015/2016.
Ketertarikan peneliti berawal dari adanya kebiasaan siswa yang tidak mengerjakan tugas sekolah, membolos, mencontek dan melakukan hal negatif lainnya yang menunjukan adanya ketidaksiapan para siswa dalam menghadapi masalah belajar. berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan dilingkungan SMP Islam Bahrul Ulum Awipari ternyata masih banyak siswa yang melakukan beragam kenalakan dan perilaku yang cenderung tidak seperti yang diajarkan oleh guru terutama guru mata pelajaran PAI yang menekankan pengajaran untuk pembentukan karakter religius bagi peserta didiknya.
Berdasarkan hal di atas selanjutnya peneliti memfokuskan penelitian pada persoalan ada tidaknya hubungan antara pemahaman pada pendidikan agama islam dengan kemapuan problem solving siswa dalam mengatasi masalah yang dihadapinya.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional sehingga penelitian ini bermaksud untuk mengetahui sejauh mana keterkaitan antara pemahaman pada pendidikan agama Islam dengan kemampuan problem solving pada siswa VIII SMP Islam Bahrul Ulum Awipari dengan jumlah responden 100 orang. Pengambilan data dilakukan menggunakan alat ukur pemahman pada pendidikan agama islam dan kemampuan problem solving siswa yang dibuat sendiri oleh peneliti untuk mendapatkan data mengenai variabel penelitian. Pengolahan data menggunakan rumus statistika Rank Spearman dengan alasan kedua data yang diproleh berskala ordinal. Pengolahan data dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS versi 19.


Ketersediaan

C-67C-67Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-67
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
73 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya