No image available for this title

Text

KARAKTERISTIK SABAR BAGI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR'QAN SURAT AL-MUZAMMIL AYAT 10



Agama islam mewajibkan kepada umatnya untuk menuntut ilmu, seseorang yang berilmu dan amu mengajarkan seta mengamalkan ilmu yang dimiliki kepad orang lain itu adalah hal utama, seseorang tersebut dapat dikatakan sebagai pendidik. Dalam pandangan islam pendidik ialah mereka yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik. Pendidik diharapkan menajdi figuryang memiliki sifat dan karakteristik ideal yang dapat menetapkannya sabagai panutan, teladan serta orang yang memberikan pengaruh positif terhadap anak didik. Hal ini akan tercapai apabila pendidik memiliki kompetensi kepribadian. Yaitu kemampuan individu yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, bijaksana, serta sabar. Di era globalisasi ini banyak sekali kasus kekerasan yang dilakukan oleh pendidik terhadap peserta didi, hal itu dikarenakan pendidik tidak memiliki kesabaran sehingga lebih mudah cepat marah dan tidak memiliki kesabaran sehingga lebih mudah cepat marah dan tidak mampu mengendalikan diri dalam menghadapi peserta didik yang berbeda-beda baik itu sifat, sikap, maupun tingkah lakunya. Banyak sekali ayat yang membahas tentang karakter sabar salah satunya tersirat di dalam surat AL-Muzzamil ayat 10.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik sabar yang sesuai dengan penafsiran para musaffir dalam QS al-Muzammil ayat 10, metode yang digunakan adalah metode analisis (content analysis) yang bersifat normatif seperti tentang teks Al-Qur'an dan apemikiran para ulama.
Karakteristik sabar adalah suatu sifat-sifat atau tabiat yang dapat menahan serta dapat menghadapi suatu cobaan tidak lekas amarah, tidak mudah putus asa dalam menghadapi suatu cobaan yang miliki oleh seseorang. Dalam QS al-muzammil ayat 10 menitik berat kan bagaimana karakteristik sabar bagi pendidik menghadapi peserta didik yang memiliki karakter serta sifat-sifat yang berbeda-beda yang terkadang membuat emosi epndidik terpacu. Alloh SWT berpesan kepada Nabi Muhammad SAW untuk senantias bersabar ketika dakwahnya selalu di tentang oleh para kaum kafir quraisy.


Ketersediaan

C-104C-104Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-104
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
66 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya