No image available for this title

Text

MANAJEMEN PENELITIAN GURU UNTUK PENDIDIKAN BERMUTU



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB 1 GAMBARAN UMUM TENTANG RISET
1.1. Pengertian Riset
1.2. Jenis-jenis Penelitian
1.3. Paradigma Penelitian
1.4. Premis Penelitian
1.5. PTK Sebuah Penelitian Kualitatif
1.6. Publikasi
BAB 2 URGENSI GURU MENJADI PENELITI
2.1. Kemampuan Seorang Peneliti
2.2. Melacak Kemampuan Guru sebagai Peneliti
2.3. Menjadi Peneliti adalah Hak Guru
2.4. Menjadi Peneliti adalah Solusi Konstitusional
BAB 3 MANAJEMEN SDM GURU MENUJU PROFESIONALISME
3.1. Pendahuluan
3.2. Guru sebagai Tenaga Profesional
3.3. Revolusi Mental dalam Konteks Manajemen SDM
3.4. Menjadi Guru Profesional melalui Jalur Penelitian
3.5. Tahapan yang Direkomendasikan
3.6. Meng-update Profesionalisme Guru
BAB 4 REFORMASI PENELITIAN TINDAKAN DALAM KONTEKS MANAJEMEN
4.1. Spirit reformasi PTK
4.2. Persepsi tentang PTK
4.3. Bagian yang perlu direformasi
4.4. Menjadikan guru sebagai peneliti
BAB 5 MANAJEMEN IDE DALAM PENELITIAN
5.1. Ide awal sebagai titik start penelitian
5.2. Ide awal yang produktif
5.3. Kapan sebuah ide itu muncul
5.4. Ide yang sedang berproses
5.5. Merefleksi ide yang sedang berproses
5.6. Memproses ide dalam system
5.7. Mengeksekusi
5.8. Mengadopsi ide
BAB 6 DATA PENELITIAN
6.1. Data dan sumber data kualitatif
6.2. Teknik-teknik memperoleh data
6.3. Resistensi dalam pengambilan data
6.4. Analisis data kualitatif
6.5. Prosedur penarikan makna
BAB 7 PEMETAAN WILAYAH PENELITIAN PENDIDIKAN
7.1. Pendahuluan
7.2. Manfaat pemetaan wilayah penelitian
7.3. Wilayah penelitian Pendidikan dan pemetaanya
7.4. Hubungan antara wilayah penelitian dan landasan teori
7.5. Fokus penelitian dalam satu peristiwa
BAB 8 DESKRIPSI TEORI DALAM PENELITIAN
8.1. Kedudukan teori dalam penelitian
8.2. Interelasi teori dengan penelitian
8.3. Deskripsi teori dalam konteks judul
8.4. Resiplokal nisbi antara teori dan peneliti
8.5. Landasan teori sebagai bagian sulit dalam penelitian
8.6. Deskripsi teori rentan terhadap tindakan plagiat
BAB 9 ETIKA DALAM PENELITIAN
9.1. Etika dalam merencanakan penelitian
9.2. Etika dalam melaksanakan penelitian
9.3. Etika dalam penulisan laporan hasil penelitian
9.4. Etika dalam publikasi
BAB 10 DESAIN OBSERVASI DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
10.1. PTK sebuah penelitian deskriptif
10.2. Unsur utama dan unsur pendukung dalam PTK
10.3. Setting observasi dan subjek tindakan
10.4. Observer dalam proses pembelajaran
BAB 11 PENELITIAN TINDAKAN (ACTION RESEARCH)
11.1. Pendahuluan
11.2. Identifikasi penelitian tindakan
11.3. Tujuan akhir dari penelitian tindakan
11.4. Penelitian tindakan kelas (PTK)
11.5. Sistematika/kerangka penulisan laporan hasil penelitian
11.6. Kerangka penulisan riset yang direkomendasikan untuk PTK
11.7. PTK sebagai riset SDM
BAB 12 EKSEKUSI HASIL RISET
12.1. Hasil riset sebagai referensi pengambilan kebijakan
12.2. Pimpinan lembaga sebagai motivator peneliti
12.3. Pimpinan lembaga sebagai eksekutor
12.4. Mengeksekusi PTK melalui forum ilmiah guru
12.5. Pemberdayaan SDM dalam forum diklat guru
12.6. Forum yang efektif untuk mengeksekusi hasil riset
12.7. Manajemen forum ilmiah guru
BAB 13 PTK BERPOTENSI MENGUBAH POLA PIKIR GURU
13.1. Pendahuluan
13.2. Pengertian pola pikir guru dalam beberapa peristiwa
13.3. Kontribusi internal dan ekseternal dalam mengubah pola pikir
BAB 14 TERWUJUDNYA SUMBER DAYA MANUSIA BERKUALITAS
14.1. Meningkatnya kualitas guru
14.2. Meningkatnya kualitas pembelajaran
14.3. Meningkatnya mutu Pendidikan
14.4. Meningkatnya daya saing manusia indonesia
CONTOH PTK SEBAGAI PENELITIAN KUALITATIF


Ketersediaan

371102RITm371.102 RIT mTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.102 RIT m
Penerbit : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 436 hlm; 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-3753-97-0
Klasifikasi
371.102
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya