No image available for this title

Text

FORECASTING PEMBIAYAAN MUDHARABAH,MUSYARAKAH,MURABAHAH,IJARAH,ISTIHSNA,DAN QARDH PADA BUS DAN UUS DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ARIMA BOX-JENKINS (Periode Bulan Juli 2015-Bulan Agustus 2016)



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil forecast/peramalan pembiayaan mudharabah,musyarakah,murabahah,ijarah,istishna,dan qardh pada BUS (Bank Umum Syariah) dan UUS (unit Usaha Syariah) di Indonesia pada bulan juli 2015 sampai dengan bulan september 2016.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data runtn waktu yaitu dari bulan januari 2010 sampai dengan bulan juni 2015, dimana data tersebut didapatkan dari Statistik Perbankan Syariah Bank Indnesia (BI).
Penelitian ini menggunakan metode peramalan autoregressive integrsted moving average (ARIMA)Box-Jenkis.Tahap-tahapan dalam melakukan peramalan ARIMA Box-Jenkis yaitu identifikasi model,estimasi,pengecekan diagnostik,dan peramaln.Tahap identifikasi model dilakukan dengan pengidentifikasian model yang dianggap paling sesuai dengan melihat plot ACF dan PACF dari correlogram.Tahap estimasi parameter dilakukan dengan penaksiran terhadap parameter-parameter dalam model tersebut.Tahap pengecekan diagnostik menguji kesesuaian dari parameter-parameter yang didapat pada tahap sebelumnya.Setelah model sesuai terindentifikasi maka langkah selanjutnya adalah menggunakan model tersebut untuk peramalan.
Hasil ari peneleitian ini menunjukkan bahwa model ARIMA terbaik Mudharabah yaitu model ARIMA (1,1,1), model ARIMA terbaik Musyarakah yaitu model ARIMA (1,1,2),model ARIMA terbaik Murabahah yaitu model ARIMA (5,2,5), model ARIMA terbaik ijarah yaitu model ARIMA (1,1,1),model ARIMA terbaik Istishna yaitu model ARIMA (1,1,1), model ARIMA terbaik Qardh yaitu model ARIMA (2,2,2). Seluruh model ARIMA tersebut memiliki nilai AIC dan SIC terkecil,serta nilai porbilitasnya kurang dari a=5% sehingga Ho ditolak artinya koefisien signifikan. Ini berarti seluruh model tersebut tepat untuk digunakan dalam peramalan.


Ketersediaan

D-129D-129Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
D-129
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
x,143 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya