No image available for this title

Text

JIP JURNAL ILMIAH PGMI



Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di MIN 1 Palembang. Alasan penelitian ingin membahas masalah ini karena selama ini siswa kurang bisa berpikir secara aktif dan mendalam dalam mengikuti pembelajaran, dan Guru belum diterapkan Strategi yang membantu siswa membentuk pola pikirnya sendiri secara aktif dan kritis. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu a) Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran open ended terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V MIN 1 Palembang? b)Bagaimana Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum diterapkan Strategi pembelajaran Open Ended pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V MIN 1 Palembang c)Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa sesudah diterapkan Strategi pembelajaran Open Ended pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MIN 1 Palembang? d)Bagaimana Pengaruh Strategi pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan Berpikir kritis Matematika kelas V di MIN 1 Palembang?.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Pre exsperimental design tipe one Group Pretest Postest. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa MIN 1 Palembang yang berjumlah orang 665 dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA MIN 1 palembang, yang berjumlah 33 siswa.penelitian ini diterapkan sampel probability sampling tipe clustor random sampling. Alat pengumpul datanya adalah observasi,wawancara,tes dan dokumentasi. Rumus untuk analisis data memakai "t" atau t dalam keadaan sampel Besar(N Lebih dari 30)dan kedua sampel besar tersebut satu sama lain saling berhubungan.
Hasil penelitian menunjukkan hasil tanpa diterapkan Strategi Open Ended tergolong rendah, dan dengan diterapkan strategi open ended tergolong tinggi. Penerapan strategi open ended terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di MIN 1 Palembang pada materi sifat-sifat bangun ruang, terlihat secara signifika lebih baik dibandingkan tanpa diterapkan strategi open ended. Hal ini terlihat berdasarkan hasil analisis data yaitu df= 2,032,72 yang kita peroleh interpretasi t 2,032,72 karena r lebih besar dari harga t taraf signifikansi 1% dan 5% ma Ho ditolak berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan.


Ketersediaan

330RISj330 RIS jTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
330 RIS j
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
x,196 hlm; 29,1 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya