No image available for this title

Text

PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS(Studi Kasus Di PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah(BPRS) Al-Madinanh periode Maret 2014-Desember 2016)



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tentang pembiayaan murabahah dan musyarakah terhadap tingkat profitabilitas dengan indikator ROA(Return On Asset) pada BPRS Al-Madinah Tasikmalaya periode Maret 2014-Desember 2016.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan triwulanan berbentuk time series periode Maret 2014-Desember 2016. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji-F untuk menguji pengaruh secara bersama-sama serta uji-t untuk menguji pengaruh secara parsial dengan tingkat signifikan 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik serta uji koefisien determinasi.
Berdasarkan uji normalitas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal, juga dalam multokolinierita, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan pembiayaan murabahah berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap tingkat profitabilitas. Pembiayaan murabhah dan musyarakah berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap tingkat profitabilitas. Uji koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,256. Artinya pada penelitian ini profitabilitas atau ROA(Return On asset) mampu dijelaskan oleh pembiayaan murabahah dan musyarakah sebesar 25,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model.


Ketersediaan

E-134E-134Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-134
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
x,103 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya