No image available for this title

Text

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK JUAL BELI IKAN DENGAN SISTEM PEMANCINGAN (KONGKUR) DI DESA MEKARWANGI KECAMATAN CISAYONG



Tujuan penellitian ini adalah untuk mengetahui hukum jual beli ikan dengan sistem kongkur yang dilakukan oleh masyarakat (khususnya penjual dan pembeli)Desa Mekarwangi Kecamatan Cisayong.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (fieldresearch) yang menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancarai. Analisis yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan tinjauan hukum Islam dan ushul fiqih adzdzari'at.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan jual beli ikan dengan sistem kongkur terjadi setelah adanya kesepakatan transaksi antara pemilik kolam, penjual dan pembeli ikan. Adapun akad jual beli yang mereka gunakan adalah dengan akad lisan, dengan kata lain dari pihak pemilik kolam menjual ikan kepada penjual (pemancing) ikan yang masih ada dikolam, kemudian menjualnya kepada pembeli dalam keadaan ikan juga masih di kolam dengan tidak tertulis sesuai kesepakatan bersama.


Ketersediaan

E-137E-137Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-137
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
x,89 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya