No image available for this title

Text

MANAJEMEN LABA DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM



Manajemen laba adalah pilihan oleh manajer sebagai kebijakan akuntansi untuk mencapai beberapa tujuan tertentu.Tujuan tersebut dalam rangka untuk memaksimalkan utilitas manajer dan meningkatkan kinerja perusahaan.Tujuan tersebut berasal dari motivasi yang meliputi: mendapatkan bonus tinggi,motivasi utang,motivasi pajak,moyivasi penjualan saham,pergantian direksi,motivasi politik, prestasi yang baik untuk CEO(Chief Executive Officer). Karena tujuan dari manajemen laba adalah memaksimalkan utilitas,sehingga aktifitas manajemen laba dapat dikategorikan menjadi utilitarianisme etika.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami manajemen laba dalam perspektif etika Islam,dalam rangka untuk mengetahui manajemen laba baik atau buruk,diperbolehkan atau dilarang,menurut nilai-nilai etika Islam.Pespektif etika ini paling penting karena etika bisnis dapat digunakan sebagai cara untuk menyelarskan kepentingan strategis perusahaan dengan moral(ahklak).Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan pendekatan studi literatur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada bentuk manajemen laba yang dibolehkan menurut syariat. Dan praktik manjemen laba belum sesuai dengan ajaran agama Islam maupun prinsip-prinsip dasar etika bisnis islam karena masih mengandung unsur penipuan,kecurangan dan gharar.Serta tidak mencerminkan perilaku-prilaku pebisnis Islami yaitu,Shiddiq,Amanah,tabligh dan Fathonah.


Ketersediaan

E-138E-138Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-138
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
x,89 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya