Image of PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION)TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
(Penelitian Di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya)

Text

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION)TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Penelitian Di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya)



Leni Lestari Maulidia, "Pengaruh penggunaan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap peningkatan pemahaman materi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Penelitian di MTs Al-Islam Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya)".

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bagaimana sebenarnya pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap pemahaman materi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bila diimplementasikan pada kenyataan siswa MTs Al-Islam Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal pemahaman materi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum diterapkan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition),kemampuan akhir pemahaman materi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah diterapkan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan pengaruh penggunaan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap peningkatan pemahaman materi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.Permasalahan diatas diangkat berdasarkan asumsi bahwa pemahaman materi didasarkan pada proses pembelajaran yang baik dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat.Karena itu diasumsikan bahwa pemahaman materi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dipengaruhi oleh penerapan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition).Pada penelitian ini,penulis menggunakan metode kuasi eksperimen one group pretest-posttest.Samplenya terdiri dari 39 orang siswa kelas VIII MTs Al-Islam Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2016/2017.Berdasarkan hasil penelitian terhadap pengaruh peningkatan pemahaman materi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum diterapkan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan sesudah diterapkan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition).Hal tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata pretest sebesar 58,2051 dan hasil rata-rata posttest sebesar 72,4358 yang berarti mengalami peningkatan atau signifikat.Hal ini berdasarkan hasil hipotesis yang berbunyi yaitu terhadap pengaruh yang signifikat penerapan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap peningkatan pemahaman materi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTs Al-Islam Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya yang berarti ho ditolak dan ha diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman materi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Islam Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.Adapun pengujian hipotesisnya dengan menggunkan uji t,bahwa t hitung = 5,9982 > t tabel = 2,034.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-300
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya