Image of RELEVANSI KURIKULUM PRASEKOLAH (RAUDHATUL ATHFAL) DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN PSIKHIS ANAK DIDIK DI RA PERSIS 133 AL MUHAJIRIN KELURAHAN BUNGURSARI KECAMATAN BUNGURSARI KOTA TASIKMALAYA

Text

RELEVANSI KURIKULUM PRASEKOLAH (RAUDHATUL ATHFAL) DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN PSIKHIS ANAK DIDIK DI RA PERSIS 133 AL MUHAJIRIN KELURAHAN BUNGURSARI KECAMATAN BUNGURSARI KOTA TASIKMALAYA



Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui bagaimana muatan kurikulum Raudatul Athfal (2) Untuk mengetahui perkembangan psikis anak di Ra Persis 133 Al Muhajirin Kelurahan Bungursari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya (3) Untuk mengetahui relevansi kurikulum RA dengan perkembangan psikis anak di RA Persis 133 Al Muhajirin Kelurahan Bungursari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Relevansi Kurikulum Prasekolah (Raudhatul Athfal) Dengan tingkat perkembangan psikis anak didik di RA Persis 133 Al Muhajirin Kelurahan Bungursari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya.
Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi.Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan induksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Muatan kurikulum Raudhatul Athfal di RA Persis 133 Al Muhajirin Kelurahan Bungursari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya yang meliputi program kegiatan belajar,pendekatan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan konsep pendidikan anak usia dini yang bertujuan untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.Selain itu juga program-program kegiatan yang dipilih sudah sesuai dengan perkembangan kurikulum berbasis kompetensi,yaitu mengakomodir 6 standar kompetensi yang telah ditetapkan untuk dimiliki anak setelah mengikuti pelajaran.Ke 6 standar kompetensi tersebut yaitu : Menunjukan pemahaman positif tentang diri sendiri dan percaya diri,menunjukan kemampuan untuk berfikir runtut,berkomunikasi secara efektif,terbiasa hidup sehat dan menunjukan kemampuan fisik.(2). Perkembangan psikis anak di RA Persis 133 Al Muhajirin Kelurahan Bungursari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya sudah berjalan dengan baik, yang dalam hal ini tidak terlepas dari aspek-aspek yang mempengaruhi perkembangan mental itu sendiri,diantaranya adalah aspek islam,aspek moral,aspek intelektual,dan aspek spiritual.(3).Kurikulum Raudhatul Athfal sebagai program kegiatan belajar,yang rincinya terangkum dalam Garis-Garis Besar Program Kegiatan Belajar Raudhatul Athfal(GBPKB-RA) menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi dalam pembentukan perkembangan psikis anak di RA Persis 133 Al Muhajirin Kelurahan Bungursari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-305
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya