Image of KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

Text

KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS



Konsep pendidikan akhlak dalam pandangan Islam memiliki arti yang sangat penting, sehingga hampir setiap kehidupan manusia tak pernah lepas dari akhlak. Pendidikan akhlak adalah tema sental bagi pelaksanaan pendidikan, karena pendidikan akhlak ini merupakan asas dasar bagi manusia untuk berinteraksi dengan Sang Pencipta ( Hablumminallah ) maupun dengan sesama manusia ( Hablumminannas ). Banyak para ahli pendidik Islam yang telah memberikan perhatian serius dalam mengkaji konsep pendidikan akhlak antara lain Syed Muhammad Naquib Al-Attas yang merupakan salah satu pemikir cendekiawan muslim dalam pendidikan yang kompeten dalam mengembangkan pemikiran pendidikan Islam pada zamannya. Ironisnya pada saat ini banyak dari kalangan para pemerhati pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam, mengadopsi konsep - konsep pendidikan Barat secara tidak kritis. Tidak hanya sampai itu, selain mengadopsi pemikirian - pemikiran Barat juga memandang dengan sebelah mata bahkan meninggalkan kajian - kajian terhadap para pemikir pendidik islam seperti Syed Muhammad naquib Al-Attas.
Sehubungan dengan hal itu, maka penulis ingin mengkaji kembali pandangan - pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang konsep pendidikan akhlak yang terkemas dalam sutu rumusan penelitian.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan analisis komparatif. Data yang digunakan adalah sumber data primer, dan data - data yang sesuai dengan judul peneliti. Sedangkan teknik pengmpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan teknik analisis datanya menggunakan content analysis. Sementara pembahasannya menggunakan metode deduksi, induksi dan komparasi.
Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa konsep pendidikan akhlak menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas adalah pengenalan dan pengalaman untuk memahami makna sesuatu sebagai upaya pembentukan akhlakul karimah guna mendekatkan diri kepada Allah ( Taqarrub ) demi mencapai keselamatan di dunia dan di akhirat yang dikenal dengan konsep Ta`dib


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-306
Penerbit Alfabeta : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya