Image of PENGARUH IMPLEMENTASI BAI'AT SANTRI TERHADAP PERILAKU KEDISIPLINAN DALAM BELAJAR ( Penilitian di MTs Persis Ciberekah Rajapolah )

Text

PENGARUH IMPLEMENTASI BAI'AT SANTRI TERHADAP PERILAKU KEDISIPLINAN DALAM BELAJAR ( Penilitian di MTs Persis Ciberekah Rajapolah )



Bai'at ialah ikatan perjanjian yang dibuat oleh manusia atas dirinya dalam upaya melaksanakan keta'atan kepada imam, menunaikan janji yang telah disepakati yang telah menjadi kewajiban bagi mereka( Al-Maraghi 26: 91 ).Bai'at Pelajar Pesantren Persis merupakan produk ulama pendidik Persatuan Islam (Persis), setiap minggu sekali bai'at ini dibacakan secara bersama di lapang sekolah setiap apel mingguan dalam rangka memberikan pemahaman dan penanaman terhadap perilaku kedisiplinan santri Persatuan Islam baik di rumah maupun di sekolah.
Disiplin menurut Mahmud Surya (2003:131) mengandung arti sebagai suatu sikap menghormati, menghargai, dan mentaati segala peraturan dan ketentuan yang berlaku. Dalam hal ini disinyalir bahwa implementasi bai'at santri di Madrasah Tsanawiyyah Persis Ciberekah memberikan pengaruh dalam perilaku kedisiplinan santri dalam belajar. Berangkat dari pemikiran itu penulis merasa tertarik untuk membahas sejauh mana implementasi bai'at santri dapat berpengaruh terhadap perilaku kedisiplinan santri di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif terhadap santri kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyyah Persis Ciberekah Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 48 santri. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket yang disebarkan kepada santri. Angket tersebut kemudian dianalisis dalam analisis parsial dan analisis korelasional dengan perilaku kedisiplinan santri dalam belajar.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa angket implementasi bai'at santri sebagai variabel X memiliki rata-rata 4,15 yang berada pada kategori baik. Angket perilaku kedisiplinan santri dalam belajar sebagai variabel Y memiliki rata-rata 4,31 yang berada pada kategori baik. Korelasi variabel X dan variabel Y sebesar 0,45 berada pada interval 0,40 - 0,60 yang berarti memiliki tingkat hubungan yang cukup. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa nilai t hitungnya adalah 3,45 dan t daftarnya 2,17 yang berarti nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel, yaitu 3,45 > 2,17 artinya ho ditolak dan ha diterima.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-310
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya