Image of PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK
(Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Ash-Shiddiqin Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis)

Text

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Ash-Shiddiqin Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis)



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak pada siswa kelas VIII MTs Ash-Shiddiqin Kec. Cikoneng Kab. Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode descriptive analysis dengan pendekatan kuantitatif asosiatif dari 2 predetermined variables yang terdiri dari variabel terikat yaitu kecerdasan emosional anak serta variabel bebas pola asuh orang tua membentuk model regresi sederhana berganda. Regresi Partial Adjustment Model digunakan untuk menguji pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap variabel kecerdasan emosional anak kelas VIII MTs Ash-Shiddiqin. Berdasarkan hasil regresi Partial Adjustment Model diketahui pola asuh orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosional anak. Temuan ini mendukung upaya meningkatkan peran orang tua dalam membangun kecerdasan emosional anak dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas anak didik yang berakhlak dan berintelegensia yang baik. Selain itu, berdasarkan hasil uji regresi linear berganda diketahui bahwa terdapat 54% besarnya pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak kelas VIII MTs Ash-Shiddiqin. Sisanya sebesar 46% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-313
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya