Image of PENERAPAN PEMBELAJARAN MULOK BAHASA ARAB DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA

Text

PENERAPAN PEMBELAJARAN MULOK BAHASA ARAB DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA



Abdul Rohman Yunus.12.01.184. "Penerapan Pembelajaran Mulok Bahasa Arab dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa (Penelitian di SMP Terpadu Fajrul Islam Bungursari Kota Tasikmalaya)".

Judul tersebut mengisyaratkan masalah pokok mengenai bagaimana Penerapan Pembelajaran Mulok Bahasa Arab dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa di SMP Terpadu Fajrul Islam Bungursari Kota Tasikmalaya Kelas VII.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran mulok bahasa Arab,bagaimana prestasi belajar PAI siswa setelah belajar mulok bahasa Arab dan seberapa besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMP Terpadu Fajrul Islam Bungursari Kota Tasikmalaya.
Penelitian ini berawal dari sebuah pemikiran yang menyatakan bahwa pembelajaran bahasa Arab sangat penting bagi pelajara Islam terutama bagi yang sedang menggali ilmu tentang Agama Islam.Karena islam memiliki sumber hukum Al-Qur'an dan Al Hadits menggunakan bahasa Arab,bahkan banyak karangan para ulama tentang hukum islam yang menggunakan bahasa Arab.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Analisis untuk mengumpulkan datanya dilakukan studi kepustakaan sebagai landasan teorinya,sedangkan untuk data empiriknya dilakukan Observasi dilapangan penelitian,wawancara serta tes hasil belajar siswa kelas VII.Adapun untuk memecahkan masalahnya dilakukan teknik deskriptif kuantitatif.
Setelah dilakukan penelitian,bahwa pembelajaran mulok bahasa Arab di SMP Terpadu Fajrul Islam karena dipadukan dengan pesantren,maka dibagi menjadi dua waktu yaitu pembelajran secara umum di sekolah dan secara khusus di pesantren.Dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran mulok bahasa Arab tergolong pada kriteria tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 55,44.Setelah dilakukan tes,hasil prestasi belajar PAI siswa pun tergolong baik dengan nilai rata-rata 76,53.Adapun pengaruhnya terhadap prestasi belajar PAI siswa dibuktikan dengan rumus korelasi "Product moment" yaitu sebesar 0,87 dan untuk mengetahui pengaruhnya digunakan rumus "koefesien determinasi" (kd) sehingga ditemukan pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 75,69%.Dan kesimpulannya adalah bahwa erdapat pengaruh yang sangat baik antara hasil belajar siswa tentang mulok bahasa Arab terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMP Terpadu Fajrul Islam Bungursari Kota Tasikmalaya.
Kata kunci : Pembelajaran Mulok Bahasa Arab,Prestasi Belajar PAI Siswa, SMP Terpadu Fajrul Islam Bungursari Kota Tasikmalaya


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-321
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya