Image of INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-AKHLAK LIL BANIN JILID I MELALUI KEGIATAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-KHOERIYAH CIHERANG (Penelitian di Pondok Pesantren Al-Khoeriyah Yayasan Pendidikan KH.Fakhrudin Ciherang Cibereum Tasikmalaya)

Text

INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-AKHLAK LIL BANIN JILID I MELALUI KEGIATAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-KHOERIYAH CIHERANG (Penelitian di Pondok Pesantren Al-Khoeriyah Yayasan Pendidikan KH.Fakhrudin Ciherang Cibereum Tasikmalaya)



Persoalan akhlak menjadi topik yang sangat penting dalam kehidupan manusia,hingga para ahli ilmu sosial saat ini sependapat bahwa kualitas manusia tidak dapat diukur hanya dari keunggulan keilmuan dan keahlian semata,melainkan juga diukur dari kualitas akhlak.Akan tetapi,seiring perkembangan zaman dan teknologi yang sekarang ini sebagian besar mempengaruhi perilaku manusia,pendidikan akhlak menjadi kurang diperhtikan.Oleh karena itu kita sebagai umat Islam dituntut untuk tetap konsisten dan istiqomah memegang teguh pada tuntunan ajaran agama Islam.
Kitab Al-Akhlaq lil Banin Jilid I adalah kitab tentang akhlak paling dasar yang baik untuk pembelajaran siswa/santri yang baru belajar di Pondok Pesantren,karena di dalam kitab ini menjelaskan beberapa akhlak yang pantas untuk ditiru dan dihindari oleh siswa/santri dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban atas ada dan tidaknya usaha internalisasi dari Kitab Al-Akhlaq lil Banin Jilid I terhadap kegiatan sehari-hari santri,melalui analisis dari daftar isi/materi Kitab Al-Akhlaq lil Banin Jilid I dengan kegiatan santri di Pondok Pesantren Al-Khoeriyah Ciherang Cibereum Tasikmalaya.Tujuan peneliian ini adalah untuk membimbing putra-putri kepada kebikan dan menunjukan kepada mereka jalan yang lurus dan membiasakan mereka dengan keutamaan-keutamaan akhlak serta adab sejak dini.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah pengamatan atau observasi keadaan suasana peristiwa,tigkah laku yang berhubungan dengan masalah yang akan diteliti,wawancara tertutup dan terbuka dengan responden,dokumentasi dan menghimpunnya dengan menggunakan metode reading,writing,dan editing yang kemudian dokumen-dokumen menjadi sumber penelitian.
Berdasarkan dari penelitian yang dihasilkan dari lapangan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Khoeriyah Ciherang Cibereum Tasikmalaya berjalan dengan baik karena didalam pondok mempunyai beberapa metode pembelajran agar santri bisa disiplin dalam segala situasi,dan didalam pondok pesantren juga sudah diberikan jadwal kegiatan sehari-hari agar para santri bisa tertib dan tahu apa yang dikerjakan.Sedangkan penerapan nilai-nilai pendidikan dalam kitabnya sudah cukup baik,santri-santri mampu menerapkan akhlak baik kepada siapa saja dan apa saja dan meninggalkan apa yang tidak baik bagi mereka.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-326
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya