Image of TEORI KONVERGENSI MENURUT PERSPEKTIF ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Text

TEORI KONVERGENSI MENURUT PERSPEKTIF ILMU PENDIDIKAN ISLAM



Penulisan skripsi ini bertujuan meneliti tentang tujuan konvergensi menurut perspektif ilmu pendidikan islam. Metode pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode dokumentasi yaitu, suatu metode pengumpulan data yang bersumber dari dokumen-dokumen. Adapun teknik yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah library research yaitu mencari data dengan cara melakukan penelusuran terhadap buku - buku, sejumlah tulisan keputusan dan menelaahnya. Dalam hal ini dilakukan dengan cara membaca, menelaah dan memahami buku - buku dan kitab - kitab tafsir yang mempunyai relevasi dengan masalah yang akan dibahas.
Peranan pendidikan dalam hidup dan kehidupan manusia, terlebih dalam zaman modern sekarang ini diakui sebagai satu kekuatan (eduaction as power) yang menentukan prestasi dan produktivitas di bidang yang lain. Pendidikan sangat penting bagi manusia, konsekuensinya adalah mengupayakan dan mengusahakan untuk bekal menjadi khalifah di bumi ini.
Pertanyaannya, pendidikan yang seperti apa dan bagaimana yang perlu dan wajib diupayakan oleh manusia. Dalam pengertian yang umum, makna pendidikan sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan, baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat dan kebudayaan ( Djumaransjah,2004:22 ). Potensi-potensi pembawaan anak harus dikembangkan menjadi kemahiran tertentu yang berguna untuk kelangsungan hidupnya. Lingkungan pendidikan yang akan mengubah dan mengembangkan potensi anak menjadi baik ataupun buruk. Fitrah dapat diartikan sebagai potensi dasar yang dimiliki oleh manusia sejak lahir, yang tidak akan berkembang kecuali hanya dengan adanya pendidikan. Teori konvergensi ini pada umumnya diterima secara luas sebagai pandangan yang tepat dalam memahami tumbuh kembang manusia ( Uar Tirtaraharja dan La Sula, 2000 :199). Dalam pendidikan islam, konvergensi merupakan aplikasi dari konsep fitrah dimana setiap manusia lahir itu dengan membawa fitrah ( pembawaan ) yang mencakup fitrah agama, fitrah intelektual, fitrah sosial, fitrah ekonomi, dan masih banyak lagi fitrah yang dimiliki oleh manusia.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-328
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya