Image of PENGARUH MINAT SISWA DALAM KEGIATAN MUDZAKARAH TERHADAP HASIL BELAJARNYA (Penelitian pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs Al-Muawar Desa Lengkongbarang Kecamatan Cikatomas Kabupaten Taskmalaya).

Text

PENGARUH MINAT SISWA DALAM KEGIATAN MUDZAKARAH TERHADAP HASIL BELAJARNYA (Penelitian pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs Al-Muawar Desa Lengkongbarang Kecamatan Cikatomas Kabupaten Taskmalaya).



Minat siswa dalam melaksanakan kegiatan mudzakarah memberi pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Sehingga diharapkan dapat mengatasi masalah prestasi belajar yang masih rendah khususnya pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist. Kondisi belajar mengajar yang efektif adalah minat dan perhatian siswa dalam belajar. Keterlibatan siswa dalam belajar erat kaitannya dengan sifat-sifat murid, baik yang bersifat kognitif seperti kecerdasan dan bakaat maupun yang bersifatafektif seperti motivasi, rasa percaya diri, dan minatnya. Sehubungan dengan itu, penulis memiliki keinginan untuk meneliti bagaimana pengaruh minat siswa dalam pelaksanaan kegiatan mudzakarah terhadap prestasi belajar siswa. Sekolah yang menjadi objek penelitian adalah MTs Al-Muawar Desa Lengkongbarang Kecamatan Cikatomas Kabupaten Taskmalaya. Hal ini didasarkan bahwa minat belajar siswa perlu menggunakan berbagai macam metode harus terus ditingkatkan untuk tercapainya prestasi belajar siswa yang diharapkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk pengaruh minat siswa dalam kegiatan mudzakarah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs Al-Muawar Desa Lengkongbarang Kecamatan Cikatomas Kabupaten Taskmalaya.
Penulis merumuskan hipotesis yaitu : "Minat Belajar menggunakan metode mudzakarah dapat berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs Al-Muawar Kecamatan Cikatomas Kabupaten Taskmalaya".
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu menentukan nilai rata-rata, mengukur normalitas masing-masing variabel, menentukan signifikasi korelasi, menguji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data bahwa : Minat siswa dalam kegiatan mudzakarah di MTs Al-Muawar Kecamatan Cikatomas Kabupaten Taskmalaya termasuk kualifikasi baik hal ini menunjukan bahwa secara umum minat siswa dalam melakukan kegiatan mudzakarah di MTs Al-Muawar Kecamatan Cikatomas Kabupaten Taskmalaya termasuk kualifikasi tinggi dengan rata-rata 4,35. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs Al-Muawar Kecamatan Cikatomas Kabupaten Taskmalaya, termasuk kategori baik sekali. Hal ini menunjukan bahwa secara umum, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs Al-Muawar Kecamatan Cikatomas Kabupaten Taskmalaya termasuk kualifikasi cukup dengan rata-rata 64,35. Pengaruh minat siswa menggunakan metode mudzakarah terhadap prestasi belajarnya pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist MTs Al-Muawar Kecamatan Cikatomas Kabupaten Taskmalaya berdasarkan perhitungan statistik sebesar 10%


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
C-332
Penerbit : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya